KONSEP “JANGAN MEMBUNUH” DALAM KONTEKS PENDAMPINGAN PRAJURIT TNI GRUP I KOPASSUS DI GPIB ABRAHAM SERANG:

KAJIAN PEDAGOGIS, TEOLOGIS, ETIS, DAN PSIKOLOGIS

  • George Ronald Noya Universitas Kristen Indonesia
  • Desi Sianipar Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Jangan membunuh, pendampingan, Prajurit TNI, Pedagogis, Teologis, Etis, Psikologis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep “Jangan Membunuh” bagi prajurit TNI Grup 1 Kopassus warga jemaat GPIB “Abraham” Serang, sebagai bentuk pendampingan PAK bagi mereka saat akan menjalankan tugas di wilayah konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan peneliti sebagai instrumen. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada informan yang berprofesi sebagai prajurit TNI grup 1 Kopassus dan pernah bertugas di wilayah konflik. Peneliti pun melakukan recheck terhadap hasil temuannya. Penelitian ini dapat memberi gambaran tentang pemahaman konsep “Jangan Membunuh” bagi prajurit TNI grup 1 Kopassus dari sudut pandang Teologis, Etika, dan Psikologi, guna
mewujudkan pendampingan PAK yang relevan dan kontekstual di tengah penugasan yang dijalani oleh prajurit TNI Grup 1 Kopassus di wilayah konflik.
Kata Kunci: Jangan membunuh, pendampingan, Prajurit TNI, Pedagogis, Teologis, Etis, Psikologis

Published
2019-03-28
How to Cite
Noya, George Ronald, and Desi Sianipar. “KONSEP ‘JANGAN MEMBUNUH’ DALAM KONTEKS PENDAMPINGAN PRAJURIT TNI GRUP I KOPASSUS DI GPIB ABRAHAM SERANG:: KAJIAN PEDAGOGIS, TEOLOGIS, ETIS, DAN PSIKOLOGIS”. Jurnal Shanan 3, no. 1 (March 28, 2019): 35-59. Accessed May 3, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1572.
Section
Articles