KAJIANTEOLOGIS-PEDAGOGIS MENYANGKUT KEYAKINAN GURU PAK MEMAHAMI OTORITAS ALKITAB DALAM PENGAJARANNYA

  • A Dan Kia Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Keyakinan Guru, Pendidikan Agama Kristen, Kajian Teologis-Pedagogis

Abstract

Penulisan ini merupakan kajian teologis-pedagogis menyangkut keyakinan guru PAK memahami otoritas Alkitab dalam pengajarannya. Iman yang disertai perbuatan baik, menghasilkan keyakinan yang tidak perlu diragukan dalam kepribadian seorang guru, menyangkut keyakinan dalam melaksanakan tugas pengajaran. Melalui aktifitasnya seorang guru memahami bagaimana menempatkan Alkitab sebagai otoritas tertinggi dalam setiap pengajarannya, agar memiliki kualifikasi yang terbaik. Hal ini dapat dicapai hanya dengan mengikuti aturan yang dikehendaki Tuhan bagi setiap orang yang mengandalkan-Nya sebagai Guru Agung. Dengan demikian, maka peserta didik akan menjadi semakin bertumbuh, karena guru yang mengajar adalah guru yang memahami benar tentang kebenaran Allah melalui firman Tuhan sebagai otoritas tertinggi dan sebagai dasar dari sumber ilmu pengetahuan.
Perkembangan jaman yang demikian pesat, mengharuskan setiap orangtua dan guru PAK agar selalu mengandalkan Tuhan dalam tindakannya sebagai seorang pendidik. Pada setiap kegiatan mengajar dan persiapan seorang guru PAK tidak terlepas dari pengharapannya kepada Tuhan melalui kebenaran yang hakiki tersebut. Semua hal ini sangat berpengaruh dalam proses pengajaran bagaimana mendidik dan mengarahkan perserta didik dengan benar. Perkembangan ini dapat dilihat dari tumbuh kembangnya setiap peserta didik sesuai sesuai dengan proses yang ada. Guru PAK memahami benar tentang kehendak Allah melalui kebenaran yang sejati. Peserta didik akan dibawa kepada kebenaran yang baik, dan kekuasaan Tuhan akan berpengaruh terhadap pribadi mereka, dikarenakan guru PAK selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap kegiatan pengajarannya. Perlu ada pemahaman yang jelas tentang bagaimana mendisain hidup, kepada siapa disain itu dipercaya jika tidak dimulai dari guru sebagai orangtua kedua di sekolah. Hal ini akan terjadi suatu perubahan jika guru tersebut selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap tindakan hidupnya, dan tindakan itu akan berpengaruh bagi peserta didik yang dididiknya.
Melalui penulisan ini, maka penulis berpikir untuk suatu kemajuan dalam proses belajar mengajar apabila guru PAK selalu memiliki relasi yang baik antar dirinya dengan Sang Guru Agung, maka guru PAK dapat memahami Alkitab menjawab kenyataan setiap permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan Kristen, karena Alkitab adalah jawaban terbaik pada masa kini dan masa akan datang, sebab di dalamnya memberikan suatu perubahan bagi setiap manusia, dan bagi guru PAK sebagai pelaku kebenaran dan contoh bagi peserta didik, Yesaya 43:7 ; Efesus 2:10.
Penulisan ini dilakukan melalui penelitian kepustakaan (library reseach). Penelitian ini menyangkut keyakinan guru PAK dalam tindakan pengajarannya yang harus berorientasi pada Alkitab sebagai otoritas tertinggi, dapat terjawab apabila guru PAK mampu melihat setiap permasalahan dalam pengajaran menurut prespektif iman Kristen.
Kata kunci: Keyakinan Guru, Pendidikan Agama Kristen, Kajian Teologis-Pedagogis.

Published
2018-03-01
How to Cite
Kia, A Dan. “KAJIANTEOLOGIS-PEDAGOGIS MENYANGKUT KEYAKINAN GURU PAK MEMAHAMI OTORITAS ALKITAB DALAM PENGAJARANNYA”. Jurnal Shanan 2, no. 1 (March 1, 2018): 39-55. Accessed March 29, 2024. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1500.
Section
Articles