KONTRIBUSI SELF REGULATED LEARNING: STUDI DESKRPTIF PADA PROFIL SELF REGULATED LEARNING SISWA

  • Mualwi Widiatmoko Universitas Mathlaúl Anwar, Tangerang, Indonesia
  • Ida Herlina Universitas Mathlaúl Anwar, Tangerang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dirasa belum optimal dan  untuk mengetahui bagaiamana tingkat self regulated learning yang dimiliki oleh siswa  XII SMA Negeri 5 Pandeglang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan pendekatan  kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 5 Pandeglang Tahun Pelajaran 2020/2021yang berjumlah 222 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan terdapat 37, 84% Siswa memiliki tingkat  self regulated learning yang berada pada ketgori sedang, 30,18% siswa pada kategori rendah, 17,57% pada kategori rendah sekali dan 14,41% berada pada kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti untuk merancang program layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan self regulated learning siswa

Published
2021-08-01
How to Cite
Widiatmoko, M., & Herlina, I. (2021). KONTRIBUSI SELF REGULATED LEARNING: STUDI DESKRPTIF PADA PROFIL SELF REGULATED LEARNING SISWA. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 43-50. https://doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1
Section
Articles