HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PILIHAN KARIER PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 AMBON

  • Coni Kristiani Taihutu Universitas Kristen Indonesia
  • Renatha Ernawati Universitas Kristen Indonesia
  • Eustalia Wigunawati Universitas Kristen Indonesia

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the relationship between self-efficacy and career choices in students at SMP Negeri 1 Ambon. This research uses quantitative methods with the type of correlation. The research subjects were 160 students of class IX in SMP Negeri 1 Ambon using random sampling technique. The instruments used in this study were the self-efficacy scale and the career choice scale that had been tested for validity and reliability. The research subjects were 160 students consisting of 94 boys and 66 girls, with an age range of 13 to 15 years. Based on the results of the data description, it is known that the self- efficacy of students is in the medium category with 80 students or 50% of respondents. Whereas for the choice of career students are in the medium category with the number of 81 or 50.6% of respondents. The data analysis technique in this study used parametric inferential statistics. The results showed that self-efficacy correlated with career choice. This can be seen from the correlation coefficient of 0.874 which is included in the very strong category with a significance value of 0.000. This means that there is a very strong and significant relationship between self-efficacy and career choice in grade IX students of SMP Negeri 1 Ambon. The result of simple regression equation analysis is Ŷ = 36,091 + 0,720X. and p-value 0.000 <0.05. Thus, “Self-Efficacy has a positive effect on Career Choice. The more self-efficacy value increases, the career choice value will increase. The results of the coefficient of determination show that the self-efficacy variable contributes to the career choice variable by 76.5% while the remaining 23.5% is another caused that is not included in the study.

Keyword: career choice, self-efficacy, students grade IX

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan pilihan karier pada peserta didik di SMP Negeri 1 Ambon. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasi. Subjek penelitian berjumlah 160 peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ambon dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala efikasi diri dan skala pilihan karier yang sudah teruji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian berjumlah 160 peserta didik yang terdiri dari 94 laki-laki dan 66 perempuan, dengan rentang usia 13 sampai dengan 15 tahun. Berdasarkan hasil deskrisi data diketahui bahwa efikasi diri peserta didik berada pada kateogri sedang dengan jumlah 80 peserta didik atau 50% responden. Sedangkan untuk pilihan karier peserta didik

berada pada kategori sedang dengan jumalah 81 atau 50,6 % responden. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan statitiska inferensial parametris. Hasil penelitian menjelaskan bahwa efikasi diri berkorelasi dengan pilihan karier. Hal tersebut dapat dilihat dari koefisien korelasi sebesar 0,874 termasuk dalam kategori sangat kuat dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini berarti ada hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara efikasi diri dengan pilihan karier pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ambon. Hasil analisis persamaan regresi sederhana adalah Ŷ=36,091+0,720X. dan p-value 0,000<0,05. Dengan demikian, “Efikasi Diri berpengaruh positif terhadap Pilihan Karier. Semakin bertambah nilai efikasi diri maka semakin bertambah nilai pilihan karier. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel efikasi diri memberikan sumbangan terhadapat variabel pilihan karier sebesar 76,5% sedangkan 23,5% sisanya merupakan sebab lain yang tidak masuk dalam penelitian.

Kata Kunci: efikasi diri, pilihan karier, peserta didik kelas IX

Published
2021-02-08
How to Cite
Coni Kristiani Taihutu, Renatha Ernawati, & Eustalia Wigunawati. (2021). HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PILIHAN KARIER PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 AMBON. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(2), 83-100. https://doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1