HUBUNGAN ANTARA LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TUGAS PERKEMBANGAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 49 JAKARTA TIMUR

  • Utari Sabrina A. Hutagalung Universitas Kristen Indonesia
  • Renatha Ernawati Universitas Kristen Indonesia
  • Evi Deliviana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

ABSTRACT

This study aims to see the relationship between individual counseling services and the social development tasks of students in SMP Negeri 49 East Jakarta and to see the extent to which the guidance and counseling teachers function in helping students complete their developmental tasks in the adolescent phase. This type of research is quantitative. The data collection instrument was carried out by giving a questionnaire to all students in class VIII. In the individual counseling service variabel the reliability value is 0.913 and the development task variable is 0.941. The results showed a relationship between individual counseling services and students' social development tasks. However, the relationship between the two variables is very low. This can be seen from the correlation results of 0.076. There are several factors that can determine students' social development tasks, such as motivation from parents and family. Positive support provided by people around them is able to help students complete their development tasks properly. Students need balanced internal and external factors in order to complete their developmental tasks properly.

Keyword:developmental assignments, individual counseling services, teenagers

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara layanan konseling individu dengan tugas perkembangan sosial peserta didik di SMP Negeri 49 Jakarta Timur dan melihat sejauh mana fungsi guru Bimbingan dan Konseling dalam membantu peserta didik menuntaskan tugas perkembangannya dalam fase remaja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui pemberian kuesioner kepada seluruh peserta didik kelas VIII. Pada variabel layanan konseling individu nilai realibilitas sebesar 0.913 dan variabel tugas perkembangan sebesar 0.941. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara layanan konseling individu dengan tugas perkembangan sosial peserta didik. Walaupun demikian hubungan antara kedua variabel tersebut sangat rendah. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil korelasi sebesar 0.076. Ada beberapa faktor yang dapat menentukan tugas perkembangan sosial peserta didik, seperti motivasi dari orangtua dan keluarga. Dukungan positif yang diberikan oleh orang-orang sekitar mampu membantu peserta didik dalam menuntaskan tugas perkembangannya dengan baik. Peserta didik membutuhkan faktor dari luar dan dalam diri yang seimbang agar dapat

menuntaskan tugas perkembangannya dengan baik.

Kata Kunci: tugas perkembangan, layanan konseling individu, remaja

Published
2021-02-08
How to Cite
Utari Sabrina A. Hutagalung, Renatha Ernawati, & Evi Deliviana. (2021). HUBUNGAN ANTARA LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TUGAS PERKEMBANGAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 49 JAKARTA TIMUR. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 46-66. https://doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1
Section
Articles