TIADA PENDIDIKAN TANPA KEGIATAN BELAJAR (Untuk Apa Sekolah?)

  • Renatha Ernawati Prodi Bimbingan Konseling, Universitas Kristen Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Tanpa pendidikan perkembangan dan perwujudan manusia akan lebih terbelakang dibanding dengan binatang, karena insting yang ada pada diri manusia sangatlah minim, sedangkan insting pada binatang sangatlah optimal. Apakah pendidikan itu? Pertanyaan tersebut secara langsung mengangkat ontology ilmu pendidikan, yaitu kenyataan mendasar yang terkandung upaya pendidikan terarah pada pengembangan kemampuan manusia. Pendidikan dalam rangka upaya pendidikan dengan melibatkan berbagai pihak, terutama subyek yang berada dalam suasana belajar, subyek yang menyelenggarakan proses pembelajaran dan pihak-pihak lain yang terkait dengan terselenggaranya suasana belajar dan proses pembelajaran itu. Terkait dengan hal belajar, lalu sekolah untuk apa? Yaitu, untuk membantu menunaikan kewajiban dalam mendidik, membasmi kebodohan diri sendiri dan orang lain, semakin tinggi pendidikan seseorang bertambah mulia akhlak dan semakin berkontribusi positif bagi lingkungannya, melestarikan dan mengembangkan suatu identitas dan ciri khas daerah, serta kearifan lokal dalam suasana pendidikan. Tidak lain adalah terwujudkannya suasana belajar dan proses pembelajaran. Dengan demikian, tugas utama penyelenggara pendidikan adalah mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran.

Kata Kunci:, belajar, pendidikan sekolah ABSTRACT

Without development education and human embodiment will be more backward than animals, because the instincts that exist in humans are very minimal, while instincts in animals are very optimal. What is education? Pertanyaan tersebut secara langsung mengangkat ontology ilmu pendidikan, that is the fundamental reality contained in educational efforts directed at developing human abilities. Education involves various parties, especially subjects who are in a learning atmosphere, the subjects who organize the learning process and other parties associated with the implementation of the learning atmosphere and the learning process. Related to learning, then what is the school for? That is to help fulfill obligations in educating, eradicating the ignorance of oneself and others, the higher one's education increases noble morals and the more they contribute positively to their environment, to preserve and develop an identity and regional characteristics, as well as local wisdom in an educational setting. Nothing but the realization of the learning atmosphere and learning process. Thus, the main task of education providers to realize the learning atmosphere and the learning process.

Keywords: education, learning, school

Published
2019-06-18
How to Cite
Ernawati, R. (2019). TIADA PENDIDIKAN TANPA KEGIATAN BELAJAR (Untuk Apa Sekolah?). Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 47-56. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1004
Section
Articles