BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY (REBT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

  • Dina Rahmawati Hapsyah Universitas Negeri Jakarta
  • Riska Handayani Universitas Negeri Jakarta
  • Happy Karlina Marjo Universitas Negeri Jakarta
  • Wirda Hanim Universitas Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRAK

Salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran adalah motivasi. Beberapa pertanyaaan pengantar juga dinilai mampu menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran berkaitan, tujuannya adalah supaya siswa lebih aktif, lebih berani dan mampu belajar lebih baik lagi (Bahrudin, 2014). Pendekatan REBT memiliki tujuan untuk mengubah pandangan dan keyakinan irasional klien menjadi rasional, membantu mengubah sikap, cara berpikir dan persepsi, oleh karena itu klien diharapkan mampu mengembangkan dan mencapai realisasi diri secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yang didukung oleh data-data dari beberapa artikel, buku-buku sumber, dan dokumen pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siswa adalah hal penting yang dibutuhkan dalam proses pencapaian hasil pembelajaran agar optimal. Salah satu pendekatan dalam bimbingan dan konseling yang dapat meningatkan motivasi belajar peserta didik ialah REBT yang dapat membantu peserta didik membuka wawasan dan memiliki pemikiran yang rasional dalam tindakan yang berhubungan dengant ujuan belajar.

Kata Kunci: bimbingan kelompok, motivasi belajar, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)

ABSTRACT

One important part of the learning process is motivation. Some introductory questions are also considered to be able to foster curiosity of students towards related learning material, the goal is so that students are more active, bolder and able to learn better (Bahrudin, 2014). Therefore, when students have good learning motivation, the goal of the learning process in the classroom can be said to be successful. The REBT approach has the goal of changing the views and irrational beliefs of clients to be rational, helping to change attitudes, ways of thinking and perception, therefore clients are expected to be able to develop and achieve optimal self-realization. This study uses a literature study that is by linking research with existing literature and filling in the gaps in previous research. The results of the study show that motivation to learn to students is an important thing needed in the process of achieving learning outcomes to be optimal. One approach in guidance and counseling that can enhance students' learning motivation is REBT which can help students open their horizons and have rational thinking in actions related to learning goals.

Keywords: group guidance, learning motivation, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)

Published
2019-06-18
How to Cite
Hapsyah, D. R., Handayani, R., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY (REBT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 23-33. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1002
Section
Articles