Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Bentuk Naskah yang diterima oleh Jurnal Pro-Life merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  • Format file yang digunakan adalah OpenOffice dan Microsoft Word file format.
  • Naskah hasil penelitian atau kajian ilmiah diketik dalam satu sisi kertas putih, ukuran A4 (210 mm x 297mm), jenis huruf Times New Roman, ukuran 12 point, spasi ganda dengan jarak tepi sisi atas dan kiri 3 cm dan sisi kanan dan bawah 2 cm.
  • Naskah tulisan diharapkan tidak lebih dari 20 halaman (termasuk gambar dan tabel) dan masing-masing halaman berisi 700-800 kata. Jumlah kata antara 3.000-5.000.
  • Abstrak maksimum 200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Indonesia serta bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Inggris.
  • Kata kunci (Keywords) maksimal lima kata.
  • Persyaratan penulisan tulisan/teks dan bibliografi diuraikan secara lengkap di Author Guidelines, dapat dilihat di link About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Format Naskah


1. Judul ditulis secara padat, jelas dan informatif, yang merupakan gambaran isi pokok dari naskah tulisan dengan ukuran 14 point dan jumlah kata maksimal 20. Judul dapat berupa bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Inggris.


2. Nama penulis atau penulis kelompok ditulis secara lengkap tanpa disingkat dan tidak mencantumkan gelar.


3. Nama dan alamat institusi ditulis lengkap dengan nama jalan, nomor (lokasi), kodepos, nomor telepon, nomor faksimili dan alamat e-mail untuk korespondensi.


4. Abstrak maksimum 200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia  untuk naskah berbahasa Indonesia serta bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Inggris.


5. Kata Kunci (keyword) maksimal lima kata.


6. Nama Ilmiah (genus, spesies, author dan strain) ditulis secara lengkap.


7. Pendahuluan meliputi hal yang melatarbelakangi penelitian, tinjauan pustaka, rumusan masalah dan tujuan penelitian.


8. Bahan dan Metode Penelitian, ditekankan tentang alat dan bahan yang digunakan, cara kerja serta cara analisis data hasil penelitian.


9. Hasil dan Pembahasan merupakan jawaban dari pertanyaan yang dikemukan akan pada bagian pendahuluan yang dibuat secara jelas dan terperinci, ilustrasi dapat berupa tabel, grafik, gambar atau deskripsi kualitatif. Hasil yang ditampilkan kemudian dibahas sebab akibat, keterkaitan dengan latar belakang diadakannya penelitian tersebut.


10. Kesimpulan dibuat singkat, jelas dan padat, yang merupakan gambaran atau jawaban atas masalah atau tujuan penelitian. Saran-saran merupakan harapan peneliti tentang pengembangan lanjutan dan penerapan dalam kehidupan masyarakat.


11. Ucapan terimakasih ditujukan kepada instansi atau orang yang berjasa terhadap penelitian, dan ditulis singkat.


12. Daftar pustaka sesuai acuan pustaka yang digunakan, ditulis dalam bentuk nama belakang penulis dan tahun, yang susunannya diurutkan berdasarkan abjad. Naskah yang ditulis oleh dua penulis nama keduanya ditulis, jika lebih daridua orang, maka hanya nama penulis pertama yang ditulis diikuti dengan dkk. Daftar pustaka ditulis dengan spasi ganda, dengan tata cara seperti contoh berikut:


Buku


1.    Molles MC. 2005. Ecology, Concepts and Aplication, 3rd Ed. University of New Mexico


Bab dalam buku


2.    Primack, Richard B. 2006. Over exploitation, Invasive Species, and Disease. In: Essential of Conservation Biology, 4th ed. Sinaeur Assosiation, inc., Sunderland


Jurnal


3.    Seranti S, KH Gough, DD Shukla, and CK. Pallaghy. 1998. Coat protein sequence of Krish-infecting strain of Johnson-grass mosaic potyvirus. Archives of Virology. 143:1015-1020.


Skripsi, Tesis, danDisertasi


4.    Markusli. 2005. SkripsiSarjana. Program Study Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta.


Prosiding


5.    JJ Favier, D Camel, Proceedings of the Eight International Conference on Crystal Growth, York, U.K., 1986, p.50.


Informasi dari Internet


6.    Ressaeur, D. 1998. Forest Disturbance and Succession. http://www.anu.edu.au /Forestry/silvinative/daniel/chapter1/1.1.html


Kutipan : Kutipan yang dikutip antara lain nama belakang penulis disertai tahun terbit dengan diikuti tanda koma “,”.


Ilustrasi berupa gambar, tabel, diagram atau foto dengan judul dibawahnya. Gambar atau foto sebaiknya dicetak di atas kertas glossy dan diberikan keterangan. Setiap gambar dan foto sebaiknya disertai dengan file digital atau setting dapat diformat ulang oleh redaksi.


 


Pengiriman Naskah. Naskah dikirim dalam bentuk hard copy (naskah cetak) 3 eksemplar dan naskah dalam bentuk soft copy (bentuk CD) atau melalui email (attachment). Setiap naskah harus mencantumkan identitas penulis dan alamat yang jelas. Naskah tulisan dapat dikirim ke redaksi Jurnal Pro-Life:


 


Program Studi Pendidikan Biologi


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan


Universitas Kristen Indonesia


Jl. Mayjen Sutoyo No. 2 Cawang, Jakarta 13630


e-mail: marina_biouki@yahoo.com