MITIGASI RISIKO MELALUI PENDEKATAN MULTIKULTURALISME JALAN KELUAR DALAM MEMPERKUAT KETAHANAN NASIONAL

  • Mohamad Tulus universitas kristen indonesia
Keywords: Mitigasi Risiko, Pendekatan Multikultural, Ketahanan Nasonal

Abstract

Pendekatan multikulturalisme merupakan pendekatan yang harus dikembangkan di dalam masyarakat  yang merupakan paradigma pendekatan yang mampu memitigasi risiko penurunan ketahanan dengan transformasi kesadaran akan perbedaan,  disampang itu pendekatan multikulturalisme dapat menjadi mitigasi risiko penurunan ketahanan nasional melalui  transformasi pengetahuan tentang perbedaan sehingga dapat menjadi  jalan keluar dalam meningkatkan ketahanan nasional. Alternatif ini menawarkan pendekatan berwawasan perbedaan dalam persatuan yang menyatukan. Paradigma mitigasi risiko berwawasan multikulturalisme tersebut bermuara pada terciptanya sikap masyarakat yang mau menghargai, menghormati perbedaan etnis, agama dan budaya dalam masyarakat. Untuk itu tujuan dari penelitian ini diarahkan untuk dalam rangka  mitigasi peoblem ketahanan nasional saat ini, serta urugensi pendekatan multikultural terhadap ketahanan nasional. Hasil kajian menunjukan mitigasi risiko melalui pendekatan multikulturalisme harus difahami sebagai strategi pendekatan dalam mengatasi problem penurunan ketahanan nasional Indonesia saat ini.

Mitigasi risiko ketahanan nasional Indonesia yang merupakan kekuatan inti bagi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia tergantung dari kemampuan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) untuk menghadapi arus perubahan nilai-nilai global.

Kata Kunci :Mitigasi Risiko, Pendekatan Multikultural, Ketahanan Nasonal

Published
2023-03-30
How to Cite
Mohamad Tulus. (2023). MITIGASI RISIKO MELALUI PENDEKATAN MULTIKULTURALISME JALAN KELUAR DALAM MEMPERKUAT KETAHANAN NASIONAL. JURNAL MANAJEMEN RISIKO, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.33541/mr.v1i1.4482
Section
Articles