Petunjuk Untuk Penulis

Penulisan Naskah:

-  Naskah ditulis dengan program pengolah kata yang umum dikenal y.i. Microsoft Word atau Open Offce, atau disimpan dalam bentuk fle rich text form (RTF).

-  Cara penulisan rujukan menurut sistem Vancouver (Uniform requirements  for manuscripts submitted to biomedical journals) edisi keempat.

-  Pernyataan kutipan dalam naskah ditandai dengan nomor yang sesuai dengan penomoran pada Daftar Pustaka.

-  Ketik atau cetak naskah pada kertas putih berukuran A4 (21 x 29,7 mm) dengan margin

-  Ketik atau cetak hanya pada satu sisi kertas, tidak timbal balik. Ketik dua spasi seluruhnya dan setiap komponen naskah dimulai pada halaman yang baru dengan urutan: halaman judul, abstrak dan kata kunci, teks (untuk laporan hasil penelitian terdiri atas pendahuluan, metode, hasil dan diskusi), ucapan terima kasih, daftar pustaka, tabel dan legenda (tulisan di bawah foto atau gambar). Halaman diberi nomor berurutan dimulai dari halaman judul.

-  Naskah hasil penelitian ditulis mengikuti struktur  Introduction, Method(s),  Results, Discussion (IMRD).

-  Bila naskah merupakan hasil penelitian pada manusia atau hewan maka dilampirkan kopi lulus penilaian kaji etik.

Ketentuan umum mengenai naskah:

-  Majalah Kedokteran UKI menerima makalah dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris

-  Naskah yang dikirim adalah naskah yang belum pernah dimuat di majalah sejenis dengan topik masalah kedokteran kesehatan. Naskah dapat berupa artikel asli (hasil penelitian), laporan kasus, tinjauan pustaka (article review), resensi buku dan komentar pakar (berisi pendapat seorang pakar tentang artikel asli karya pengarang dalam dan luar negeri).

-  Artikel singkat berupa tulisan hasil penelitian yang sudah selesai (lengkap) dengan jumlah kata tidak lebih dari 1500 termasuk judul dan abstrak di luar kepustakaan dan afliasi, dan abstrak tidak terstruktur, referensi tidak lebih dari 10, jumlah tabel atau gambar paling banyak masing-masing satu buah.

-  Naskah dalam bentuk hard copy dikirim rangkap dua, dialamatkan kepada: Pimpinan Redaksi Majalah Kedokteran UKI, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia,

Jl. Mayjen Sutoyo, Jakarta 13630. Naskah disertai versi elektronik (Flash disk atau cd-rom) atau dikirim via email majalah_fkuki@yahoo.com, atau majalahfk@uki.ac.id dengan menyertakan lembar tilik naskah sesuai dengan jenis makalah.