Gambaran Demografis dan Klinis Demam Tifoid pada Anak di Rumah Sakit Universitas Kristen Indonesia Periode 2019-2022

  • Nur S. Arika Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Ance Adriani Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Jakarta

Abstract

Demam tifoid adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri golongan Salmonella. Infeksi tersebut dapat menyerang anak dan orang dewasa yang hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran demografis dan klinis pada anak dengan demam tifoid. Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif menggunakan data rekam medik pasien anak dengan diagnosis demam tifoid di RS UKI. Penelitian yang dilakukan pada 100 orang subyek menunjukkan sebagian besar infeksi terjadi pada anak laki-laki dan terbanyak pada usia 13 tahun. Gejala klinik yang ditemukan meliputi demam dan gejala gastro-intestinal seperti mual muntah, diare, konstipasi, dan hepatosplenomegali.

Kata kunci: Demam tifoid, anak, data demografis, gejala klinik.

Typhoid fever is an infection caused by Salmonella group bacteria. This infection can attack children and adults. Until now it is still a public health problem. This study aims to determine the demographic and clinical features of children with typhoid fever. This research is a retrospective study by examining the medical records of pediatric patients diagnosed with typhoid fever at UKI Hospital. Research conducted on 100 subjects showed that most of them occurred in boys and most occurred at the age of 13 years. Clinical symptoms found include fever and gastro-intestinal symptoms.

Key words: Typhoid fever, children, demographic data, clinical symptoms.

Published
2024-04-01
How to Cite
Arika, N. S., & Adriani, A. (2024). Gambaran Demografis dan Klinis Demam Tifoid pada Anak di Rumah Sakit Universitas Kristen Indonesia Periode 2019-2022. Majalah Kedokteran UKI, 38(2), 55-58. https://doi.org/10.33541/mk.v38i2.5739