Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah ditulis dengan program pengolah kata yang umum dikenal y.i. Microsoft Word atau Open Office.
  • Cara penulisan rujukan menurut sistem Vancouver (Uniform requirements for manuscripts submitted to biomedical journals) edisi keempat.
  • Pernyataan kutipan dalam naskah ditandai dengan nomor yang sesuai dengan penomoran pada Daftar Pustaka.
  • Ketik atau cetak naskah pada kertas putih berukuran A4 (21 x 29,7 mm) dengan margin minimal 25 mm. Kerapatan ketikan 2 spasi.
  • Ketik atau cetak hanya pada satu sisi kertas, tidak timbal balik. Ketik dua spasi seluruhnya dan setiap komponen naskah dimulai pada halaman yang baru dengan urutan: halaman judul, abstrak dan kata kunci, teks (untuk laporan hasil penelitian terdiri atas pendahuluan, metode, hasil dan diskusi), ucapan terima kasih, daftar pustaka, tabel dan legenda (tulisan di bawah foto atau gambar). Halaman diberi nomor berurutan dimulai dari halaman judul.
  • Naskah hasil penelitian ditulis mengikuti struktur Introduction, Method(s), Results, Discussion (IMRD).
  • Bila naskah merupakan hasil penelitian pada manusia atau hewan maka dilampirkan kopi lulus penilaian kaji etik.
  • Judul artikel : singkat namun jelas, tidak melebihi 15 kata.
  • Nama kecil, nama tengah dan nama keluarga setiap penulis, tanpa gelar akademik dan nama instansi tempat penulis bekerja. Nama penulis yang bertanggung jawab untuk korespondensi mengenai naskah diberi tanda khusus.
  • Mencantumkan nama sponsor (dana, peralatan, obat dan sebagainya).
  • Catatan kaki singkat tidak lebih dari 40 ketukan (jumlah huruf dan spasi) di bagian bawah halaman judul, berisi keterangan tentang jenis makalah misalnya makalah pernah disajikan dalam pertemuan ilmiah (tuliskan tempat dan waktu pelaksanaan pertemuan ilmiah), atau makalah berkaitan dengan laporan pendahuluan yang pernah dipublikasikan (tuliskan nama artikel dengan rujukan lengkap), atau makalah merupakan artikel asli, laporan kasus dan sebagainya.
  • Abstrak satu paragraf ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, diketik tidak lebih dari 250 kata, berisi tujuan penelitian, cara kerja, hasil penelitian dan kesimpulan utama. Di bawah abstrak ditulis 3 sampai 10 kata kunci (key words). Diusahakan kata kunci tidak sama dengan judul makalah.

Author Guidelines

Ketentuan umum mengenai naskah :
* Majalah Kedokteran UKI menerima makalah dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
* Naskah yang dikirim adalah naskah yang belum pernah dimuat di majalah sejenis dengan topik masalah kedokteran kesehatan. Naskah dapat berupa artikel asli (hasil penelitian), laporan kasus, tinjauan pustaka (article review), resensi buku dan komentar pakar (berisi pendapat seorang pakar tentang artikel asli karya pengarang dalam dan luar negeri).
* Artikel singkat berupa tulisan hasil penelitian yang sudah selesai (lengkap) dengan jumlah kata tidak lebih dari 1500 termasuk judul dan abstrak di luar kepustakaan dan afiliasi, dan abstrak tidak terstruktur, referensi tidak lebih dari 10, jumlah tabel atau gambar paling banyak masing-masing satu buah.
* Naskah dalam bentuk hard copy dikirim rangkap dua, dialamatkan kepada: Pimpinan Redaksi Majalah Kedokteran UKI, Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Jl. Mayjen Sutoyo, Jakarta 13630. Naskah disertai versi elektronik (Flash disk atau cd-rom) atau dikirim via email majalah_fkuki@yahoo.com, atau majalahfk@uki.ac.id dengan menyertakan lembar tilik naskah sesuai dengan jenis makalah.

Abstrak dan kata kunci :
Abstrak satu paragraf ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, diketik tidak lebih dari 250 kata, berisi tujuan penelitian, cara kerja, hasil penelitian dan kesimpulan utama. Di bawah abstrak ditulis 3 sampai 10 kata kunci (key words). Diusahakan kata kunci tidak sama dengan judul makalah.

Daftar Pustaka:
Rujukan diberi nomor (dengan angka Arab) berurut sesuai urutan penampilannya di dalam teks.

Cara menulis rujukan

a) Bila rujukan dikutip dari majalah:
* Cantumkan nama semua penulis, tetapi bila jumlah penulis lebih dari enam, cantumkan hanya enam nama penulis diikuti kata et al. Nama keluarga ditulis lebih dahulu, diikuti inisial nama kecil dan nama tengah penulis.
* Judul makalah.
* Nama majalah (dengan singkatan menurut index medicus), tahun penerbitan, nomor volume, nomor halaman pertama dan terakhir.
Contoh: Barger A, Fuhst C, Wiedemann B. Pharmacological indices in antibiotic therapy. J Antimicrob Chemother. 2003; 52: 893-8.

b) Bila rujukan dikutip dari buku:
* nama dan inisial penulis, judul karangan, nama editor, judul buku, nomor edisi,
* nama kota tempat buku diterbitkan, nama penerbit, tahun terbit, nomor halaman  
* pertama dan terakhir bab yang dirujuk, atau tanpa halaman seperti contoh 2
Contoh:
Niaudet P, Boyer O. Idiopathic nephrotic syndrome in children: clinical aspect. In Avner ED, Harmon WE, Niaudet P, Yoshikawa N, editors. Pediatric Nephrology, edisi ke-6, Philadelphia, Lippincott Williams & Wlkins; 2009.h.667-702.

Colson JH, Armour WJ. Sport injuries and their treatment. 2nd rev eds. London: S.Paul, 1986.

Sumber Lainnya seperti :
Surat kabar : nama pengarang. Judul, Kompas 2007; April 10:2 (koll), 5 (kol2)
Majalah umum : nama pengarang. Judul. Tempo 2006; April 3:30-2.
Situs web/internet :
* Artikel/jurnal dalam format elektronik:
       McCook A. Pre-diabetic condition linked to memory loss. Diunduh dari http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/news_11531.html 3 Februari 2007.
Disertasi :
       Wila Wirya IGN: Penelitian beberapa aspek klinik dan patologi anatomis sindrom nefrotik idiopatik pada anak di Indonesia. Jakarta: FKUI, 1992. Disertasi
Sumber dari jurnal tanpa Pengarang :
       Anonim: Coffee drinking and cancer of the pancreas (Editorial). Br Med J. 1981; 283: 628.
Prosiding pertemuan ilmiah :
       Vidianty J, Pardede SO, Trihono PP, Hidayati EL, Alatas H, Tambunan T. Gambaran antropometri pada anak dengan sindrom nefrotik. Prosiding pertemuan ilmiah tahunan Ilmu Kesehatan Anak (PIT IKA) III Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Yogyakarta, 2007: 75-8.
Tabel : ketik atau cetak setiap tabel dengan dua spasi pada lembar terpisah. Setiap tabel diberi judul singkat dan nomor berurut sesuai dengan urutan pengutipannya yang pertama kali di dalam teks.
Ilustrasi: Ilustrasi dapat berupa gambar yang dilukis secara profesional dan difoto, cetak mengkilap hitam putih berukuran maksimum 203 × 254 mm, atau berupa foto slide berwarna.