PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN SISWA SMK

  • R. Mursid Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar teknik pemesinan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif tipe STAD dan tipe jigsaw, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat berwirausaha tinggi dan rendah (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan minat berwirausaha dalam mempengaruhi hasil belajar teknik pemesinan. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas XI SMK negeri. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar teknik pemesinan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar teknik pemesinan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif tipe STAD, (2) hasil belajar teknik pemesinan siswa yang memiliki minat berwirausaha tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat berwirausaha rendah dan (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan minat berwirausaha dalam mempengaruhi hasil belajar teknik pemesinan.
Kata Kunci : pengaruh strategi pembelajaran, berwirausaha, hasil belajar teknik pemesinan

Published
2013-07-01
How to Cite
Mursid, R. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN SISWA SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 38-55. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/pengaruh%20strategi%20pembelajaran%3B%20berwirausaha%3B%20hasil%20belajar%20teknik%20pemesinan
Section
Articles