MANAJEMEN PROGRAM CAS (Creativity, Action, Service) DI GLOBAL JAYA INTERNATIONAL SCHOOL DI BINTARO JAYA SEKTOR IX TANGERANG SELATAN, BANTEN

  • Anung Haryono Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran komprehensif mengenai management program CAS di Global Jaya International School. Penelitian ini difokuskan kepada manajemen program creativity, action, service di Global Jaya International School di Bintaro Jaya Sektor IX, Tangerang Selatan, Banten. Mengenai pelaksanaan program CAS di Global Jaya International School, yang meliputi perencaan, pengorganisasian, penerapan, pengawasan, evaluasi, kendala, hasil yang dicapai dan dampaknya. Penelitian ini dilaksanakan di Global Jaya International School antara bulan Juni 2011 sampai Juni 2012.Obyek penelitian ini mengenai program CAS yang dilaksanakan oleh siswa Kelas 11 dan Kelas 12 di Global Jaya International School. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengamatan dan wawancara. Metode data triangulasi untuk memvalidasi data juga telah dilakukan dalam penelitian ini.
Hasil studi menyimpulkan bahwa program CAS yang telah dilaksanakan di Global Jaya International School berlangsung baik dan bermanfaat bagi siswa serta masyarakat sekitar.
Perlu dilaksanakan pengembangan program untuk memberi arah dan bimbingan para pihak yang berkepentingan dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang lebih baik.. Siswa tampak bersemangat dan mendapatkan nilai-nilai hidup yang bermakna melalui kegiatan CAS karena telah berhasil mengekspresikan kreativitas, aksi dan pelayanan yang telah disadari menjadi bagian yang penting bagi siswa, dan warga di lingkungan di sekitarnya.
Kata Kunci : kreativitas, aksi, pelayanan, pengembangan program

Published
2014-07-01
How to Cite
Haryono, A. (2014). MANAJEMEN PROGRAM CAS (Creativity, Action, Service) DI GLOBAL JAYA INTERNATIONAL SCHOOL DI BINTARO JAYA SEKTOR IX TANGERANG SELATAN, BANTEN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 132-151. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/kreativitas%3B%20aksi%2C%20pelayanan%3B%20pengembangan%20program
Section
Articles