HUBUNGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN TENAGA PENDIDIK DENGAN KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU STUDI DI SEKOLAH VICTORY PLUS BEKASI

  • I Gusti Ayu Agung Esa Citrawati Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia
  • Anung Haryono Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara manajemen pembelajaran dengan komptensi professional guru; pelatihan tenaga pendidik dengan kompetensi profesional guru; manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik secara bersama-sama dengan kompetensi profesional guru di Sekolah Victory Plus Bekasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional (correlational research).Populasi dalam penelitianiniadalahseluruh guru Sekolah Victory Plus Bekasi sebanyak 86 orang. Sampel penelitian adalah sebanyak 71 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling.
Instrumen penelitian yang digunakanberupakuesionerdenganmodel skalaLikert. Melaluiujivaliditasdanreliabilitasdiperolehpernyataan yang valid dan reliable sebanyak 31 butirpernyataanuntukvariablekompetensiprofesional guru; 32 pertanyaan untuk variable manajemen pembelajaran; 32 butir pernyataan untuk variable pelatihantenagapendidik; Data penelitianmemilikivarians yang sama (homogen), berdistribusi normal, dan linear.
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien korelasi (R) untuk manajemen pembelajaran dengan kompetensi profesional guru adalahsebesar 0,915, nilai thitung>ttabel (18,894>1,995), H0 ditolak. 2) nilai koefisien korelasi (R) untuk pelatihan tenaga pendidik dengan kompetensi profesional guru adalah sebesar 0,852; nilai thitung>ttabel (13,515 > 1,995), H0ditolak. 3) nilai koefisien korelasi ganda untuk manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik dengan kompetensi profesional guru adalah sebesar 0,929, nilaiFhitung>Ftabel (214,107 > 3,312), H0ditolak.
Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara 1) manajemen pembelajaran dengan kompetensi profesional guru, 2) pelatihan tenaga pendidik dan kompetensi profesional guru, dan 3) manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik secara bersama-sama dengan kompetensi profesional guru. Kesimpulannya adalah jika kualitas manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik meningkat maka kualitas kompetensi profesional guru di Sekolah Victory Plus Bekasi juga akan meningkat Dengan demikian manajemen pembelajaran dan pelatihan tenaga pendidik harus terus ditingkatkan
guna meningkatkan kualitas kompetensi professional guru di Sekolah Victory Plus Bekasi.
Kata Kunci : Manajemen pembelajaran, pelatihan tenaga pendidik, kompetensi profesional guru

Published
2013-07-01
How to Cite
Citrawati, I. G. A. A. E., & Haryono, A. (2013). HUBUNGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN TENAGA PENDIDIK DENGAN KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU STUDI DI SEKOLAH VICTORY PLUS BEKASI. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 25-37. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/Manajemen%20pembelajaran%3B%20pelatihan%20tenaga%20pendidik%3B%20kompetensi%20profesional%20guru
Section
Articles