HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU DENGAN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI YAYASAN SANTO YAKOBUS KELAPA GADING JAKARTA UTARA

  • Maria Fatima Uto Lamak Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia
  • Hotner Tampubolon Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dengan peningkatan mutu sekolahdi Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara. Permasalahannya adalah apakah ada hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama dengan peningkatan mutu sekolah di SD, SMP, SMA Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan guru SD, SMP dan SMA di Yayasan Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara berjumlah 80 orang. Jumlah sampel sebanyak 66 orang dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian survei dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert.
Pengujian hipotesis digunakan uji korelasi dan regresi. Hasil pengujiannya adalah untuk hipotesis 1, di peroleh koefisien determinasi sebesar 0,277, artinya bahwa setiap ada peningkatan pada kepemimpinan kepala sekolah memengaruhi peningkatan mutu sekolah sebesar
27.7%. Hipotesis 2, di perolehkoefisien determinasi 0,359, artinya bahwa setiap ada peningkatan kinerja guru memengaruhi peningkatan mutu sekolah sebesar 35,9%. Hipotesis 3, diperoleh koefisien determinasi 0,553, artinya bahwa setiap ada peningkatan pada kepemimpinan
kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama memengaruhi peningkatan mutu sekolah sebesar 55,3%.
Hasil penelitian (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antarakepemimpinan kepala sekolah dengan peningkatan mutu sekolah, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antarakinerja guru dengan peningkatan mutu sekolah, (3) ada hubungan yang positif
dan signifikan antarakepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama sama dengan peningkatan mutu sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru harus terus menerus ditingkatkan agar mutu sekolah di Yayasan
Santo Yakobus Kelapa Gading Jakara Utara selalu meningkat seiring dengan perkembangan dunia pendidikan.
Kata Kunci : Kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, mutu sekolah

Published
2015-01-01
How to Cite
Lamak, M. F. U., & Tampubolon, H. (2015). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU DENGAN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI YAYASAN SANTO YAKOBUS KELAPA GADING JAKARTA UTARA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59-71. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/Kepemimpinan%20kepala%20sekolah%3B%20kinerja%20guru%3B%20mutu%20sekolah
Section
Articles