ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP VAN LITH JAKARTA)

  • Hotner Tampubolon Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Tujuan penulisan: 1) untuk mendeskripsikan perubahan budaya organisasi, khusunya pengelolaan RPP yang dilakukan kepala sekolah di SMP Van Lith Jakarta sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 2) untuk mendeskripsikan perubahan pembaharuan yang dilakukan guru dalam pembuatan RPP tanpa melakukan copy paste di SMP Van Lith Jakarta. 3) untuk mendeskripsikan perubahan peningkatan profesionalitas guru dalam pembuatan RPP di SMP Van Lith Jakarta. 4) untuk mendeskripsikan perubahan yang dilakukan kepala sekolah SMP Van Lith Jakarta dalam membangun kerja sama dengan stakeholders.
Hasil Penulisan: 1) penulisan ini menujukan bahwa guru-guru SMP Van Lith Jakarta telah menyadari sepenuhnya budaya organisasi sebagai bagian dari kebiasaan yang baik. 2) penulisan ini menujukan bahwa pembuatan administrasi guru yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Van Lith Jakarta berdampak terhadap budaya organisasi. 3) penulisan ini menujukan bahwa para guru di SMP Van Lith Jakarta telah menunjukan profesionalitasnya dalam membuat dan mengelola administrasi, termasuk RPP. 4) penulisan ini menujukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SMP Van Lith Jakarta mampu membangun kerja sama dengan stakeholders.
Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Administrasi Guru, dan Profesionalitas Guru.

Published
2015-07-01
How to Cite
Tampubolon, H. (2015). ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP VAN LITH JAKARTA). Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205-214. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/Kepemimpinan%20Kepala%20Sekolah%3B%20Budaya%20Organisasi%3B%20Administrasi%20Guru%3B%20dan%20Profesionalitas%20Guru
Section
Articles