EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI SISWA KELAS 10 SEKOLAH VICTORY PLUS

  • Neni Rosmeriana Hutabarat Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia
  • Anung Haryono Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD dan meningkatkan kemampuan penguasaan pembelajaran TIK Siswa Kelas 10 SMA Victory Plus Kemang Pratama, Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 10 Andromeda sekolah menegah atas kecamatan Rawa Lumbu Kota Bekasi tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini melibatkan 19 orang siswa sebagai subyek penelitian.
Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangakan data kerja sama kelompok dikumpulkan melalui hasil pengamatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class action research).Penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Kekuragan proses pembelajaran pada siklus pertama diperbaiki pada proses pembelajaran pada siklus kedua, dan kekurangan proses pembelajaran pada siklus kedua diperbaiki pada pelaksnaan pembelajaran pada siklus ketiga. Selama penelitian ini dilakukan lima kali tes, yaitu tes awal, tes pada akhir siklus 1, 2, dan 3, serta tes akhir
yang bersifat menyeluruh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran pada mata pelajaran TIK meningkat setelah guru menggunakan model pembelajaran koperatif STAD dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil tes akhir siswa kelas 10 SMA Victory Plus, Bekasi sudah mencapai ketuntasan hasil belajar. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran koperatif STAD efektif digunakan untuk pembelajaran TIK.
Kedua, penggunaan model pembelajaran koperatif STAD dalam pembelajaran jaringan komputer dan internet dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 10 SMA Victory Plus, Bekasi. Kemampuan siswa dapat dilihat dari hasil tesnya yang terbukti meningkat. Kalau dibandingkan hasil tes awal, tes akhir siklus 1, 2, dan 3, serta tes akhir terbukti meningkat.
Siswa juga mampu menganalisis perangkat jaringan komputer dan jaringan yang ada di Sekolah Victory Plus, dengan menghitung jumlah perangkat yang digunakan dan menganalisis kegunaan perangkat tersebut. Jadi kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran bukan hanya sampai tingkat pengetahuan dan pemahaman, melainkan sampai tingkat aplikasi, analisisis, dan sintesis.
Ketiga, kreatifitas siswa dan kemampuan siswa dalam menyerap meteri pembelajaran dapat meningkat. Pembelajaran dengan metode koperatif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, suasana kelas yang lebih hidup, lebih kreatif, lebih dinamis dan tidak menjenuhkan.
Pada saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berkelompok guru lebih mudah beinteraksi dengan siswa, suasana pembelajaran lebih santai, gembira, bersemangat, dinamis, tetapi efektif.
Kata Kunci : Efektivitas, pembelajaran koperatif, model STAD

Published
2014-01-01
How to Cite
Hutabarat, N. R., & Haryono, A. (2014). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI SISWA KELAS 10 SEKOLAH VICTORY PLUS. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 62-89. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/Efektivitas%3B%20pembelajaran%20koperatif%3B%20model%20STAD
Section
Articles