EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN GURU DI SMAK METHODIST-JAKARTA

  • Said Hutagaol Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Dalam sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan kesenjangan antara tuntutan kerja dengan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki sering kali terjadi. Para guru dituntut untuk meningkatkan kemampuannya, baik dalam bidang pengajaran maupun metodenya. Kemajuan dalam bidang teknologi, adanya penemuan-penemuan di bidang ilmu pengetahuan, perkembangan dalam hal metode mengajar serta keberagaman para siswa di sekolah merupakan sebagian penyebab yang mengharuskan para guru meningkatkan kemampuannya.
Kesenjangan tersebut jika tidak diatasi akan berdampak pada kinerja sekolah.
Menurunnya kinerja akan merugikan berbagai pihak, bukan hanya para siswa dan orang tua siswa namun juga pihak sekolah sendiri. Salah satu bentuk kerugian yang dapat terjadi adalah menurunnya jumlah siswa yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di sekolah tersebut.
Salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan yang terjadi itu adalah melalui aktifitas pelatihan, khususnya kepada para guru. Pelatihan yang efektif akan mampu meningkatkan kinerja para guru sehingga akan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada.
Pelatihan yang dapat meningkatkan kinerja harus dirancang dan dilakukan dengan sungguhsungguh.
Kesungguhan dalam merancang dan melakukan sebuah pelatihan terlihat dalam perencanaan pelatihan, pengorganisasian, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap pelatihan tersebut. Selain itu sebuah kegiatan pelatihan akan dinilai efektif jika dapat menjembatani kesenjangan yang ada. Dalam penelitian ini, penulis menggali mengenai efektivitas program pelatihan yang dilakukan oleh SMAK Methodist Jakarta sebagai obyek penelitian. Dalam mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu melalui wawancara, pengamatan serta melihat dokumen-dokumen terkait yang dimiliki sekolah.
Kata Kunci : Efektivitas, Pelatihan, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi Pelatihan.

Published
2014-07-01
How to Cite
Hutagaol, S. (2014). EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN GURU DI SMAK METHODIST-JAKARTA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 222-240. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/Efektivitas%3B%20Pelatihan%3B%20Perencanaan%3B%20Pengorganisasian%3B%20Pelaksanaan%3B%20Monitoring%20dan%20Evaluasi%20Pelatihan
Section
Articles