KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PENDIDIKAN KARAKTER, PENDIDIKAN KELUARGA, BUDAYA SEKOLAH, DAN KEPEMIMPINAN GURU (STUDI KUALITATIF PENGELOLAAN KONFLIK ANTAR SISWA DI SD ST. CAROLINE)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengelola dan menangani konflik antar siswa, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif terhadap pengelolaan konflik antar siswa, metode pendidikan karakter yang tepat untuk menanamkan nilai moral kepada para siswa, metode yang tepat bagi pendidikan keluarga, budaya sekolah yang bernilai luhur, dan kepem-impinan guru dalam mengelola dan menangani konflik antar siswa di SD St. Caroline. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi dengan analisis deskriptif secara mendalam dan kritis yaitu penelitian yang diarahkan pada gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat penelitian serta menganalisa kebenarannya berdasarkan data yang telah diperoleh. Data dianalisis untuk mendapatkan interpretasi yang tepat. Pengambilan informan dilakukan secara purpos-ive.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah dan para guru mempunyai kompetensi dan peran yang baik dalam menangani konflik antar siswa sedangkan pendidikan karakter, pendidikan keluarga dan budaya sekolah masih diupayakan agar dapat mencegah dan menangani konflik antar siswa. Saran bagi pihak sekolah agar pendidikan karakter dirancang dengan baik, budaya sekolah segera dibentuk dan disosialisasikan, dan orang tua diberikan pembekalan tentang pola asuh anak. Sedangkan bagi orang tua agar memberikan perhatian, waktu yang berkualitas, dan menjadi panutan bagi anak.
Kata Kunci: Konflik antar siswa, kepemimpinan kepala sekolah, pendidikan karakter, pen-didikan keluarga, budaya sekolah, kepemimpinan guru.
- View 1396 times Download 1396 times PDF