MENGENALI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

  • E. Handayani Tyas Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia, 2016. Jakarta 13630, Indonesia.

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penulisan ini adalah untuk membantu para guru dan orangtua murid mengenali gaya belajar peserta didik dan putera – puteri mereka agar belajar menjadi menyenangkan, tidak ada keterpaksaan, bahkan belajar dapat dibiasakan (habit) yang menjadi kesukaan si – pem-belajar untuk menggapai cita – citanya. Metode penulisan ini menggunakan kajian pustaka yang relevan dan sangat berarti bagi setiap pendidik (guru dan orangtua), karena dengan mengenali gaya belajar masing – masing individu diharapkan tidak terjadi kesalahpahaman di antaranya. Tiap individu adalah unik, peserta didik dan anak – anak pada umumnya mem-iliki gaya belajar yang berbeda satu sama lain. Ada yang bergaya visual, auditory, kinestitik, ada pula yang bergaya taktil. Oleh karena itu penting bagi pendidik (guru, orangtua) mengenali gaya belajar si-buah hatinya. Tanpa pemahaman yang cukup, baik guru maupun orangtua akan sulit bersinergi dengan peserta didik dan putera – puterinya ketika harus mendampinginya dalam belajar. Sekolah dan rumah hendaknya menjadi suatu tempat belajar dan bermain yang mengasyikkan untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu, yakni memandiri-kan individu.
Kata Kunci: Pendidik, Peserta Didik, Mengenali Gaya Belajar, Menyenangkan.

Published
Mar 16, 2018
How to Cite
TYAS, E. Handayani. MENGENALI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Manajemen Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 249-258, mar. 2018. ISSN 2301-5594. Available at: <http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/652>. Date accessed: 19 nov. 2018.
Section
Articles