KONDISI AKTUAL KEBERADAAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP NEGERI) 1 NABIRE-PAPUA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa cenderung guru-guru di papua pada umumnya, khususnya di SMP Negeri 1 Nabire-Papua bahwa hal memukul siswa baik menampar, memakai rotan, mencubit, itu sudah merupakan hal yang biasa ketika siswa cenderung melawan dan nakal. Hal lain yang membuat penulis tertarik untuk mengambil lo-kasi penelitian di SMP Negeri 1 Nabire-Papua adalah sekolah ini merupakan salah satu Sekolah Standard Nasional Mandiri (SSNM) di Kabupaten Nabire-Papua
Penelitian ini, fokus kepada kondisi aktual keberadaan guru. Selanjutnya fokus penelitian tersebut dijabarkan dalam beberapa butir sub fokus antara lain: a).konsep diri, b). kecerdasan emosional , c).motivasi kerja , d).iklim dan budaya organisasi, dan e).kinerja guru pada SMP Negeri 1 Nabire-Papua. . Penelitian ini berlangsung dari bulan September 2012 sampai dengan bulan Maret 2013. Obyek penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri 1 Nabire-Papua. Paradigma Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, yaitu pendekatan yang menekankan pada keutuhan dan kedalaman subyek yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang merupakan jenis penelitian yang menekankan pada kasus-kasus tertentu secara spesifik, sehingga data yang diperoleh akan komprehensif dan maksimal. Pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan wawancara kepada kepala sekolah dan dewan guru serta perwakilan siswa dan orangtua. Selain itu penulis juga mengumpulkan data tertulis berupa dokumentasi, rekaman, foto, dan data-data yang terkait sesuai fokus penelitian yang mendukung penelitian penulis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa keberadaan kinerja guru di SMP Negeri 1 Nabire-Papua sudah menuju ke arah baik, sehingga terus ditingkatkan semangat dalam kinerjanya. Kinerja guru dikatakan baik tergantung konsep diri, kecerdasan emosional, mo-tivasi kerja dan iklim budayanya.
Kata Kunci : Konsep diri, kecerdasan emosional, motivasi, iklim dan budaya, kinerja, dan guru.
- View 458 times Download 458 times PDF