IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS IBNU SINA CIKALONG

  • Gita Fitri Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hary Priatna Sanusi Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Academic Supervision, Principal, Teacher Performance, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Abstract

One of the efforts to improve human resources is to supervise the academic principal of the school. Teachers as instructors are the main component of human resources. In order to supervise, evaluate and improve the teaching process carried out by the teacher, supervision is needed. The purpose of this study was to determine the implementation of the principal's academic supervision in improving teacher performance at Mts Ibnu Sina Cikalong. This study used a qualitative method, with an analytical descriptive research design. This study was conducted at Mts Ibnu Sina Cikalong. The data sources in this study are school principals and teachers. Data collection techniques in the form of interviews and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and drawing conclusions. Checking the validity of the data using triangulation techniques. The research findings are the implementation of the principal's academic supervision, namely planning the academic supervision of the principal at Mts Ibnu Sina Cikalong in order to improve teacher performance, namely. by making schedules and making assessment tools, so that the process of implementing academic supervision can take place in an orderly and clear manner. The implementation of the academic supervision of the principal at Mts Ibnu Sina Cikalong in improving teacher performance is by guiding teachers when they experience difficulties in the teaching and learning process, conducting class visits to see how the teacher's readiness is in teaching and learning and its implementation. examination of the learning implementation plan (RPP) for each teacher and the last is the assessment carried out by the principal of Mts Ibnu Sina Cikalong after the implementation of academic supervision, namely discussing the results of teacher supervision, so that teacher mistakes can be corrected and then the principal provides guidance to teachers, both direct or indirect training.

Keywords: Academic Supervision, Principal, Teacher Performance 

Abstrak

Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia adalah dengan melakukan supervisi akademik kepala sekolah. Guru sebagai pengajar merupakan komponen utama sumber daya manusia. Untuk melakukan supervisi, evaluasi dan perbaikan proses pengajaran yang dilakukan oleh guru, maka diperlukan adanya supervisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Mts Ibnu Sina Cikalong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif analitis. Kajian ini dilakukan di Mts Ibnu Sina Cikalong. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam keabsahannya, data di cek menggunakan teknik triangulasi. Temuan penelitian adalah Implementasi supervisi akademik kepala sekolah yaitu merencanakan supervisi akademik kepala sekolah di Mts Ibnu Sina Cikalong dalam rangka meningkatkan kinerja guru yaitu. dengan membuat jadwal dan pembuatan alat penilaian, sehingga proses Implementasi supervisi akademik dapat berlangsung dengan tertib dan jelas. Implementasi supervisi akademik kepala sekolah di Mts Ibnu Sina Cikalong dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan membimbing guru ketika mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar, melakukan kunjungan kelas untuk melihat bagaimana kesiapan guru dalam belajar mengajar dan Implementasinya. pemeriksaan rencana Implementasi pembelajaran (RPP) masing-masing guru dan yang terakhir adalah penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah Mts Ibnu Sina Cikalong setelah Implementasi supervisi akademik yaitu membahas hasil supervisi guru, agar kesalahan guru dapat diperbaiki dan selanjutnya kepala sekolah memberikan pembinaan kepada guru, baik pelatihan langsung maupun tidak langsung.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Published
2023-01-12
How to Cite
Gita Fitri, & Hary Priatna Sanusi. (2023). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS IBNU SINA CIKALONG. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 12 - 17. https://doi.org/10.33541/jmp.v12i1.6381
Section
Articles