GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

  • Mulyadi Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi Jambi, Indonesia
  • Mirnawati Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi Jambi, Indonesia
  • Risna Fitriyana Hs Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi Jambi, Indonesia
  • Titin Aria Leader Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi Jambi, Indonesia
  • Al Indra Saputra Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi Jambi, Indonesia
  • Firman Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi Jambi, Indonesia

Abstract

Abstract

The quality of good education is a benchmark for the success of performance shown by teachers. Professional teacher performance can be a breath of fresh air for success in the world of education in the future. Achieving the desired performance, a teacher must understand and understand what the principal wants. Principals in their leadership must be able to strive to improve teacher performance with the highest appropriate coaching program that has an effect on determining school progress. The leadership style of a principal in leading the school has an important role for the performance produced by the teacher. This research uses a descriptive qualitative approach, namely descriptive research methods and researchers as key instruments, analyzing data inductively, prioritizing ways over results. The right leadership style has an impact on improving the quality of educators. Principals should have enthusiasm, strategies to improve the performance of educators.

Keywords: Style, Leadership, Teacher

 

Abstrak

Pendidikan yang baik menjadi tolak ukur keberhasilan kinerja yang ditunjukkan oleh guru. Kinerja guru yang profesional dapat menjadi angin segar bagi keberhasilan dalam dunia pendidikan di masa yang akan datang. Mencapai kinerja yang dikehendaki, seorang guru harus mengerti dan paham terhadap apa yang diinginkan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah dalam kepemimpinannya harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru dengan program pembinaan yang sesuai tertinggi yang berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah. Gaya kepemimpinan seseorang kepala sekolah dalam memimpin sekolah memiliki peran yang penting bagi kinerja yang dihasilkan oleh guru. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu metode  riset deskriptif dan peneliti  sebagai instrumen  kunci,  analisis  data  secara  induktif, lebih memprioritaskan  cara  dari  pada  hasil. Gaya kepemimpinan yang tepat membawa dampak pada peningkatan kualitas tenaga pendidik. Kepala sekolah sebaiknya memiliki antusiasme, strategi untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik.

Kata kunci: Gaya, Kepemimpinan, Guru

Published
2023-01-11
How to Cite
Mulyadi, Mirnawati, Risna Fitriyana Hs, Titin Aria Leader, Al Indra Saputra, & Firman. (2023). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 6-11. https://doi.org/10.33541/jmp.v12i1.6380
Section
Articles