PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Afrida Marimbun Magister Administrasi Pendidikan, PPs-UKI, Jakarta, Indonesia
  • Witarsa Tambunan Magister Administrasi Pendidikan, PPs-UKI, Jakarta, Indonesia
Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Hasil Belajar

Abstract

Literasi yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas  melalui  berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, atau dengan istilah GLS di SMA PGRI Ge’tengan tersebut belum terlaksana secara optimal karena masih memiliki beberapa faktor penghambat yang belum teratasi yaitu belum tersedianya ruang perpustakaan  beserta fasilitas di dalamnya, juga waktu yang digunakan oleh siswa belum optimal sehingga belum memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari kurangnya aktivitas membaca buku bacaan oleh siswa selama berada di lingkungan sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan masalah dalam analisis ini adalah “Bagaimana Gerakan Literasi Sekolah siswa SMA PGRI Ge’tengan pada tahun ajaran 2022/2023?” Artikel  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi terhadap hasil belajar siswa. Sekolah perlu membudayakan gerakan literasi untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa dan guru perlu memasukkan strategi literasi dalam pembelajarannya, serta mengupayakan sarana dan prasarana serta fasilitas perpustakaan. Kemampuan belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pengembangan kemampuan literasi di sekolah.

Published
2022-09-06
How to Cite
Marimbun, A., & Tambunan, W. (2022). PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 78-82. https://doi.org/10.33541/jmp.v11i2.4171
Section
Articles