HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 146 JAKARTA TIMUR

  • Hotner Tampubolon

Abstract

ABSTRAK


 


Tujuan peneitian ini dimaksudkan  untuk  mengetahui signifikansi hubungan  antara Budaya Organisasi (X1) dengan Kinerja Guru ( Y ) dan Motivasi Kerja (X2) terhadap Kinerja Guru ( Y ) serta secara bersama-sama dengan Kinerja Guru (Y) di SMP Negeri 146 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan korelasional.


Responden penelitian adalah seluruh guru yang ada di SMP 146 Jakarta Timur sebanyak 54 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa kuesioner. Hasil penelitian mengemukakan bahwa: pertama, terdapat hubungan positif dengan kriteria cukup kuat antara Budaya Organisasi (X1)  dengan Kinerja Guru (Y) dengan koefisien ry1= (0,635)2 = 0,403 atau koefisien determinasi sebesar 40,30% dengan persamaan regresi Ŷ = 27,677 + 0,726 X1. Kedua, terdapat hubungan positif dengan kriteria cukup kuat antara Motivasi Kerja (X2) dengan Kinerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi ry2=  (0,533)2 = 0,284 atau koefisien determinasi sebesar 28,40% dan persamaan regresi  Ŷ = 29,376 + 0,606X2. Ketiga, terdapat hubungan positif dengan kriteria kuat antara Budaya Organisasi (X1) dan Motivasi Kerja (X2) secara bersama-sama dengan Kinerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi ry12 = (0,737)2 = 0,543 atau koefisien determinasi sebesar 54,30% dengan persamaan regresi Ŷ = - 3,302 + 0,639X1+ 0,466X2.


Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru di SMP Negeri 146 Jakarta Timur dapat ditingkatkan melalui peningkatan budaya organisasi, motivasi kerja guru.


 


Kata kunci: Budaya Organisasi, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru

Published
Mar 14, 2017
How to Cite
TAMPUBOLON, Hotner. HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 146 JAKARTA TIMUR. Jurnal Manajemen Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 139-162, mar. 2017. ISSN 2301-5594. Available at: <http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/337>. Date accessed: 17 nov. 2017.
Section
Articles