HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR

  • Said Hutagaol

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru (sebagai variabel bebas) dengan Kinerja Guru (sebagai variabel terikat).  Penelitian ini dilakukan pada Sekolah-Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Ciracas Jakarta Timur pada bulan Mei dan Juni.Metode yang digunakan adalah metode survey.Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang dari jumlah populasi terjangkau 55 orang.Penentuan sampel berdasarkan tabel penentuan sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael.Pengambilan sampel untuk setiap sekolah menggunakan teknik Proporsional Random Sampling.


Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dengan variabel Kinerja Guru (Y) yang ditunjukkan oleh persamaan Ŷ = 96.219 + 0.359X1, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel Motivasi Kerja Guru (X2) dengan variabel Kinerja Guru (variabel Kinerja Guru (Y) yang ditunjukan oleh persamaan Ŷ = 98.338 + 0.334X2 (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dan variabel Motivasi Kerja Guru (X2) secara simultan dengan variabel Kinerja Guru (Y) yang ditunjukkan oleh persamaan Ŷ = 96.027 + 0.204X1 + 0.157X2.


Besar hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial dan besar hubungan variabel bebas dengan variabel terikat secara simultan ditunjukkan oleh nilai r. Besar hubungan antara Variabel X1 dengan Y adalah 0.541.Besar hubungan antara Variabel X2 dan Y adalah sebesar 0.538.Besar hubungan antara X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y adalah sebesar 0.546.Hubungan tersebut di atas semuanya tergolong kuat, karena nilai r semuanya berada di antara 0.50 dan 0.69.


Implikasi dari hasil penelitian ini adalah: (1) Kepala Sekolah perlu menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dalam memimpin lembaga sekolah di  Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, (2) Perlu adanya upaya dari guru untuk meningkatkan motivasi kerjanya agar kinerja guru itu sendiri semakin meningkat. Kedua hal tersebut harus berjalan seiring karena antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam satu lembaga sekolah. Kedunya adalah faktor-faktor penting bagi terciptanya kualitas pembelajaran yang baik.


 


Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, motivasi, dan kinerja

Published
Mar 14, 2017
How to Cite
HUTAGAOL, Said. HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR. Jurnal Manajemen Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 52-81, mar. 2017. ISSN 2301-5594. Available at: <http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/334>. Date accessed: 25 nov. 2017.
Section
Articles