ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PPKn PADA TATAP MUKA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 2 RANTEPAO
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran dan PPKn pada tatap muka masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantepao dan meningkatkan hasil prestasi siswa . Subjek penelitiannnya adalah guru mapel PPKn. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan literartur review dan pohon masalah,pohon harapan,Pohon alternatif/solusi. Teknik pengumpulan data, menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan rendahnya kemampuan guru dalam membuat perencannaan pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Adanya kendala yang dihadapi guru dalam perencanaan pembelajaran PPKn yaitu kurangnya penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode,teknik-teknik dan media belajar yang tepat. Dari hasil penelitian ini disarankan sebaiknya. Sebaiknya pihak sekolah SMPN 2 Rantepao dalam meningkatkan prestasi siswa dan tercapainnya perencanaan pembelajaran PPKn yang baik maka perlu ;1)Mengadakan pelatihan penggunaan metode dan media pembelajaran yang baik sesuai kurikulum covid-19,2)Mengadakan sosialisasi kurikulum darurat covid-19,3)Peningkatan kompetensi guru melalui Musyawarah Guru Mata pelajaran
Kata Kunci : Kemampuan Guru,Perencanaan pembelajaran PPKn ,Tatap Muka, Pandemi Covid 19
- View 1191 times Download 1191 times Free Download PDF