EVALUASI PERSIAPAN SEKOLAH TATAP MUKA DI TKK KANAAN JAKARTA

  • Tju Meriana Magister Administrasi Pendidikan PPs-UKI, Jakarta, Indonesia
  • Witarsa Tambunan Magister Administrasi Pendidikan PPs-UKI, Jakarta, Indonesia

Abstract

Persiapan sekolah tatap muka menjadi perhatian khusus di berbagai sekolah yang melibatkan peran serta dinas pendidikan dan orang tua peserta didik. Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi persiapan sekolah tatap muka di TKK Kanaan Jakarta. Tumbuh kembang setiap peserta didik tidak dapat dijeda oleh karena situasi, namun akan terus bergerak seiring dengan pertambahan usianya. Dengan berbagai tantangan Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi Covid 19, kini tiba saatnya bagi sekolah untuk memulai persiapan sekolah tatap muka kembali. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi adalah metode kualitatif yang ditelaah dengan pendekatan analisis pohon masalah, yang terdiri dari pohon masalah, pohon harapan, dan pohon sasaran. Hasil evaluasi yang diperoleh adalah terbukti bahwa capaian belajar peserta didik maksimal disebabkan adanya optimalisasi rencana sekolah tatap muka, dengan memperhatikan keseimbangan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang didukung dengan efektivitas penyampaian materi mata pelajaran bagi peserta didik. Oleh karena itu, diharapkan segala bentuk persiapan sekolah tatap muka dapat dilakukan dengan sesuai kebijakan pemerintah, persetujuan orang tua dan protocol kesehatan.

 

Kata Kunci: sekolah tatap muka, tumbuh kembang, pandemi covid 19

Published
2021-08-08
How to Cite
Meriana, T., & Tambunan, W. (2021). EVALUASI PERSIAPAN SEKOLAH TATAP MUKA DI TKK KANAAN JAKARTA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3260
Section
Articles