STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DASAR PERTIWI ABHILASA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mengetahui penyebab SD Pertiwi Abhilasa kurang diminati calon peserta didik dari umat Beragama Hindu, (2)menganalisis strategi yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Sekolah Dasar Pertiwi Abhilasa, dan (3) mengetahui evaluasi strategi pemasaran yang dilakukan SD Pertiwi Abhilasa.
Penelitian ini merupakanPenelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif, bukan hanya bisa mendeskripsikan sesuatu keadaan saja, tetapi bisa juga mendeskripsikan keadaan dalam tahapan perkembangannya.Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Orang Tua siswa.
Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Pertiwi Abhilasa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Analisis Pemasaran dilakukan dengan kegiatan menganalisis hasil pemasaran atau pencapaian tahun lalu meliputi strategi pemasaran yang digunakan media promosi. (2) Promosi yang dilakukan dengan media cetak, Open house dan media elektronik. (3) keberadaan sekolah ini yang berada di area tempat ibadah Umat Hindu menjadikan sekolah ini tidak begitu terlihat di masyarakat umum. (4) sarana dan prasarana yang ada di sekolah ini juga masih terbatas mengingat beberapa gedung dan ruangan yang seadanya dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.Solusi yang ditawarkan adalah dengan melibatkan dan mengajak seluruh stakeholder sekolah Pertiwi Abhilasa dari siswa untuk ikut serta dalam kegiatan promosi.
- View 1213 times Download 1213 times PDF