PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA STUDI PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 SILOU

  • Rosita Luxerida Sinaga UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Amos Neolaka UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Hotner Tampubolon UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Hasil Belajar, Kompetensi Pedagogik, Pengelolaan pembelajaran

Abstract

Persoalan pada pengamatan ini yaitu perolehan nilai bahasa Indonesia yang belum mencapai kriteria ketuntasan. Beberapa faktor penyebabnya adalah kompetensi dari guru yang masih belum sesuai dan pengelolaan pembelajaran yang kurang tepat. Pengamatan ini berfungsi dalam mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan pengelolaan pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Data pengamatan ini ditelaah dengan memakai analisis jalur (Path analysis). 

Analisis hasil penelitian X1 = 0,000 dan X2 = 0,000 lebih kecil dari 0,05.  Hasil ini menunjukkan bahwa regresi pada model ini yaitu variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap Y.  Kemudian berdasarkan hasil analisis jalur X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y didapatkan hasil 0,022 lebih kecil dari 0,05.  Besarnya nilai R2 atau RSquare yang terdapat pada tabel Model Summary adalah sebesar 0,736, Hal ini menunjukkan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 73,6%. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan pengelolaan pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silou Kahean.

Published
2020-07-06
How to Cite
Sinaga, R. L., Neolaka , A., & Tampubolon, H. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA STUDI PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 SILOU . Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 88 - 101. https://doi.org/10.33541/jmp.v9i2.3014
Section
Articles