EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PELITA IV JAKARTA BARAT), 2018

  • Argalita Moewardi UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Hotner Tampubolon UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • W.B.P. Simanjuntak UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: supervisi, profesionalisme guru, mutu lulusan

Abstract

Melalui kegiatan supervisi, kepala sekolah dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis serta membantu memfasilitasi media pembelajaran bagi guru yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas supervisi yang meliputi program, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi kepala SMK Pelita IV Jakarta Barat.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian kepala sekolah, guru dan siswa. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan : 1) penyusunan program supervisi dilakukan pada setiap awal tahun ajaran melalui kegiatan rapat dengan melibatkan guru. 2) supervisi dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh tim pelaksana supervisi. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik individual dan kelompok meliputi kunjungan kelas, percakapan pribadi, diskusi sebagai proses kelompok, tukar menukar pengalaman, diskusi dan seminar. 3) Evaluasi supervisi dilakukan pada setiap akhir semester. Hasil evaluasi akan dipertahankan dan ditingkatkan apabila sudah mencapai tujuan, sedangkan kekurangan akan dianalisis dan mengadakan perbaikan-perbaikan dalam penyusunan program pada tahun berikutnya. 4) faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah guru menanggapi secara positif tentang pelaksanaan supervisi, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan guru dan kepala sekolah dengan guru dan timbulnya kesadaran guru meningkatkan kemampuannya, dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di sekolah tersebut. Sedangkan hambatan-hambatannya adalah adanya guru yang tidak hadir waktu pelaksanaan supervisi yang disebabkan karena sakit, izin, dan mengikuti pelatihan, adanya guru yang gugup ketika dilakukan supervisi dan kesibukan kepala sekolah.

Efektivitas profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu lulusan sudah baik hal ini terlihat dari keterserapan lulusan dari SMK Pelita IV Jakarta Barat di perusahaan-perusahaan ataupun di universitas.

Published
2020-01-06
How to Cite
Moewardi, A., Tampubolon, H., & Simanjuntak, W. (2020). EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PELITA IV JAKARTA BARAT), 2018. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 39 - 50. https://doi.org/10.33541/jmp.v9i1.3011
Section
Articles