IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SMP AL-HILAAL Desa Kamal KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT)

  • Jawaz Bagdad UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Amos Neolaka UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Erni Murniarti UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Profesionalisme

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di SMP Al-Hilaal Kamal yang mana di dalamnya mencakup memahami dan menjelaskan tentang pelaksanaan pendidikan karakter.Menjelaskan kendala yang dihadapi serta strategi yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari kepala sekolah, guru mata pelajaran agama, dan guru mata pelajaran pkn.

Hasil penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter di SMP Al-Hilaal Kamal belum sepenuhnya efektif disebabkan oleh kurangnya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan pihak yayasan serta komite sekolah. Hal ini yang menyebabkan proses evaluasi pendidikan karakter kurang berjalan dengan baik karena tidak adanya dukungan dari yayasan dan komite sekolah. Solusi yang diberikan adalah pihak yayasan serta komite sekolah harus bersama-sama dengan pihak sekolah untuk bekerjasama dalam mengawal proses pendidikan karakter baik dalam proses pelaksanaan sampai dengan proses evaluasi, dan ketiga pihak tersebut harus profesional, agar pelaksanaan pendidikan karakter bisa berjalan dengan efektif.

Published
2020-01-06
How to Cite
Bagdad, J., Neolaka , A., & Murniarti, E. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SMP AL-HILAAL Desa Kamal KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT). Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 16 - 32. https://doi.org/10.33541/jmp.v9i1.3009
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)