PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP EFEKTIFITAS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BHAKTI I JAKARTA

  • Lenny Mey UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Said Hutagaol UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Efektivitas Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah dan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti I. Jenis penelitian yang dignakan adalah penelitian korelasional, dengan menggunakan regresi ganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 guru yang mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Bhakti I, dengan menggunakan teknik kuota.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh iklim sekolah terhadap efektivitas sekolah sebesar 0,982 dengan koefisen determinasi sebesar 81,9%. Besarnya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap efektivitas sekolah sebesar 0,938 dengan koefisen determinasi sebesar 86,5%. Serta terdapat pengaruh antara iklim sekolah, dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap efektivitas sekolah. Pola persamaan tersebut digambarkan dalam persamaan Y = - 0,065 + 0,421X1 + 0.595X2. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 90%, artinya iklim sekolah dan kompetensi pedagogik bisa menjelaskan efektivitas secara bersama-sama sebesar 90% dan selebihnya dapat dijelaskan dengan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

Upaya untuk meningkatkan efektivitas sekolah adalah sekolah harus menjalin kerjasama atau net working dengan pihak–pihak lain, memperhatikan keberhasilan akademik dan non akademik peserta didik, kepala sekolah juga harus melakukan pengawasan secara kontinyu saat guru-guru menjalankan tugasnya, menciptakan hubungan yang baik antara guru dengan guru, guru mampu mengidentifikasikan kesulitan belajar anak, dan memberikan kesempatan bagi para peserta didik untuk mengembangkan potensinya.

Published
2018-07-09
How to Cite
Mey, L., & Hutagaol, S. (2018). PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP EFEKTIFITAS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BHAKTI I JAKARTA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1`47-183. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2973
Section
Articles