PEMBERDAYAAN KOLEGIALITAS GURU DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA UNIT SPECIAL NEEDS SEKOLAH PASO JAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat upaya pemberdayaan, kendala dan strategi kolegialitas guru pada unit Special Needs terhadap pembentukan kemandirian ABK dalam keterampilan merawat diri, berkomunikasi dan bersosialisasi. Observasi di lokasi penelitian dan wawancara pada 5 guru, 1 kepala sekolah dan 4 orang tua menunjukkan bahwa dedikasi, kompetensi, kemampuan berkomunikasi dan membina relasi sosial menjadi faktor internal guru yang memengaruhi dan menjadi kendala dalam pemberdayaan kolegialitas guru di unit SN. Guna menangani hal tersebut, pimpinan sekolah melakukan strategi berupa terlibat langsung dan menjadi contoh dalam membangun relasi pertolongan, membangun komunikasi dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penanganan ABK. Selain itu strategi juga dilakukan dengan memfasilitasi lingkungan kerja melalui berbagai kegiatan yang mendukung pemberdayaan kolegialitas guru, seperti: memberi kesempatan mengajar, berorganisasi dan bersosialisasi secara tim. Semua strategi tersebut bertujuan memberikan pemahaman bagi guru akan pentingnya bekerjasama secara tim, memiliki soliditas, dan mengetahui karakter satu sama lain sehingga mampu berpikiran dan bersikap terbuka.
- View 239 times Download 239 times PDF