EVALUASI PELAKSANAAN KERJASAMA ANTAR PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA DENGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENANGANAN PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS)

  • Witarsa Tambunan UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Embun Sari Tambunan UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Kerjasama Antar Daerah, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan dan permasalahan-permasalahan yang timbul akibat pelaksanaan Kerjasama Antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemprov Jawa Tengah; Dan juga  untuk mengidentifikasi sejauh mana Visi dapat dijadikan pedoman/arah dengan pelaksanaan kerjasama antar daerah; Membandingkan dan menganalisis sejauhmana sub Variable Visi, Program, Anggaran dan Pengawasan berpengaruh / berhubungan dalam pelaksanaan kerjasama antar daerah; Juga untuk menjelaskan sejauh mana hasil evaluasi pelaksanaan kerjasama Pemprov DKI Jakarta – Pemprov Jateng dalam penanganan PMKS dapat direkomendasikan kepada kedua Pemda.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan  pada bagian – bagian diatas, telah terjawab bahwa Visi kerjasama antar daerah sebagai arah/pedoman untuk melaksanakan penaganan PMKS, Konsistensi daerah dan dukungan terhadap anggaran  penanganan PMKS  melalui kerjasama antar daerah dan Pengawasan terhadap pelaksanaan program penanganan PMKS telah dilakukan melalui  kerjasama antar daerah.

Published
2019-01-07
How to Cite
Tambunan, W., & Tambunan, E. S. (2019). EVALUASI PELAKSANAAN KERJASAMA ANTAR PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA DENGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENANGANAN PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS). Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 93-131. https://doi.org/10.33541/jmp.v8i1.2968
Section
Articles