PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA Studi di SMP Negeri 10 Jakarta Pusat

  • Marice Simbolon UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Amos Neolaka UNVIERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Hotmaulina Sihotang UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Pengelolaan Sarana Prasarana, Peran Orang Tua, Kreativitas Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengelolaan sarana prasarana dan peran orang tua terhadap kreativitas belajar siswa pada SMP Negeri 10 Jakarta Pusat dengan menggunakanmetode survei dengan teknik korelasi. Populasi penelitian 250 siswa dengan sample 152 siswa. Analisis data menggunakan korelasi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan sarana prasarana dengan Kreativitas Belajar Siswa koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,599 dan persamaan regresi Ŷ= 1,691 + 0,573 (X1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan kreativitas belajar siswa koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,541 berarti korelasi cukup kuat dan persamaan regresi Ŷ= 2,265 + 0,444.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengelolaan sarana prasarana dan peran orang tua secara bersama- sama dengan kreativitas diperoleh koefisien ganda sebesar 0,650 korelasi positif dan kuat dan persamaan regresi Ŷ= 1,366 + 0,414 X1 + 0,248 X2.

Published
2019-01-08
How to Cite
Simbolon, M., Neolaka, A., & Sihotang, H. (2019). PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA Studi di SMP Negeri 10 Jakarta Pusat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 1-24. https://doi.org/10.33541/jmp.v8i1.2960
Section
Articles