HUBUNGAN BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH YAYASAN WANITA KERETA API JAKARTA

  • Putri Saraswati UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Edison Siregar UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Budaya Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya sekolah dan motivasi dengan kinerja guru TK - SMP di Yayasan Wanita Kereta Api, dengan variabel bebas Budaya Sekolah (X1), motivasi (X2) dan variabel terikat kinerja guru (Y).

      Penelitian ini dilakukan di TK - SMP di Yayasan Wanita Kereta Api Jakarta selama bulan Januari – Maret 2015. Metode penelitiannya adalah penelitian korelasional.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert 1-5. Teknik analisis menggunakan korelasi sederhana, korelasi ganda dan regresi ganda pada taraf signifikansi alpha 0.05.

      Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara budaya sekolah (X1) dengan kinerja guru yang dapat dilihat dari koefisien korelasi 0,380 dan (Y) persamaan regresi linear Y = 45.244 + 0,595 X1 koefisien korelasi sebesar 0,380 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,145; (2) terdapat hubungan positif Motivasi Kerja Guru (X2) dengan Kinerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,887 dan persmaan regresi linier Y =13.937 + 1.079 X2 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,787; dan (3) terdapat hubungan positif Budaya Sekolah (X1) dan Motivasi Kerja Guru (X2) secara bersama-sama dengan Kinerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi 0,888, dan persamaan regrsi linier Y = 9.958 + 0,065x1 + 1.059x2 serta koefisien determinasi (R square) 0,788.

Published
2017-07-03
How to Cite
Saraswati, P., & Siregar, E. (2017). HUBUNGAN BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH YAYASAN WANITA KERETA API JAKARTA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 179-200. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2957
Section
Articles