ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM SOCIO EMOTIONAL LEARNING (SEL) DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN HARGA DIRI ANAK DI SEKOLAH VICTORY PLUS

  • Melyana Indriawati UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Hotner Tampubolon UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Program pembelajaran sosial emosional, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dari program socio emotional learning atau SEL dalam rangka membentuk karakter dan harga diri anak. Analisis dilakukan dengan meninjau tahap tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan juga evaluasi program.

      Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara, diskusi kelompok dan juga observasi kelas. Pemilihan informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data diambil dari beberapa pihak seperti diantaranya Ketua Yayasan Sekolah Victory Plus, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah TK dan juga beberapa guru dari masing masing kelas dan divisi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap yaitu, (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembelajaran sosial emosional di Sekolah Victory Plus sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, terdapat fungsi-fungsi manajemen yang masih harus disempurnakan pelaksanaannya dalam rangka mencapai tujuan program yang efektif dan efisien. Beberapa fungsi tersebut adalah : (1) komunikasi antar guru dan pelaksana program yang masih belum tearah; (2) komitmen dan kerjasama antara guru dan pelaksana program yang belum maksimal ; (3) pengawasan dan evaluasi dari sekolah belum sepenuhnya efektif.

Published
2017-07-03
How to Cite
Indriawati, M., & Tampubolon, H. (2017). ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM SOCIO EMOTIONAL LEARNING (SEL) DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN HARGA DIRI ANAK DI SEKOLAH VICTORY PLUS. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 164-178. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2956
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>