PERANAN ORANG TUA DALAM MEMPERSIAPKAN PENDIDIKAN ANAK DI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMAN 18 JAKARTA

  • Pretty Catarina Romauly UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Kamaluddin UNVIERSITAS NEGERI JAKARTA
Keywords: Peranan Orang Tua, mempersiapkan pendidikan Anak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orang tua dalam mempersiapkan pendidikan anak di tingkat satuan pendidikan SMAN 18 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, melakukan validasi data dengan menggunakan triangulasi data (triangulasi sumber, teknik, dan waktu), analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna daripada generalisasi. Sampel sebagai sumber datanya terdiri atas lima orang tua peserta didik, Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah dan lima orang pendidik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengolahan datanya ditempuh langkah telaah data, reduksi data, kategorisasi data, penafsiran data, dan pengambilan kesimpulan.

      Hasil penelitian diperoleh bahwa peran orang tua dan sekolah sangat penting bagi kualitas pendidikan peserta didik, pola asuh orang tua sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter peserta didik, jenis pekerjaan orang tua sangat berpengaruh untuk mempersiapkan pendidikan putra-putrinya, dan tingkat pendidikan orang tua merupakan motivasi peserta didik. Adapun masalah yang dihadapi terdiri atas kerjasama antara orang tua dan sekolah, pola asuh orang tua yang berbeda-beda, jenis pekerjaan orang tua yang berbeda-beda, dan tingkat pendidikan orang tua yang berbeda-beda.

      Pendampingan orang tua dan sekolah sangat penting untuk mendidik dan mengarah peserta didik dalam pembelajaran. Sedangkan bentuk asuhan orang tua berkaitan dengan kepribadian, kecerdasan dan keterampilan. Untuk itu pekerjaan orang tua mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam memenuhi sarana prasarana peserta didik. Dan latar belakang pendidikan orang tua pun menentukan bentuk asuhan orang tua dan jenis pekerjaan orang tua itu sendiri.

Published
2017-07-03
How to Cite
Romauly, P. C., & Kamaluddin. (2017). PERANAN ORANG TUA DALAM MEMPERSIAPKAN PENDIDIKAN ANAK DI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMAN 18 JAKARTA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 144-163. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2955
Section
Articles