ANALISIS KUALITAS LABORATORIUM Studi Kepuasan Praktikum Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi FKIP-UKI Jakarta

  • Adisti Ratnapuri UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Amos Neolaka UNVIERSITAS NEGERI JAKARTA
Keywords: kualitas laboratorium, kepuasan mahasiswa, kinerja dosen praktik

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kualitas laboratorium sehingga mengetahui manajemen laboratorium, kinerja pelayanan dosen pada praktikum, dan kepuasan mahasiswa melaksanakan praktikum di FKIP UKI.

      Permasalahan adalah bagaimana manajemen laboratorium dan kinerja pelayanan dosen dapat memberikan kepuasan praktikum kepada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi FKIP UKI? Sampel penelitian adalah mahasiswa semester tiga hingga semester tujuh (35 orang).

      Metode penelitian adalah survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data dengan teknik koesioner, wawancara, dan dokumentasi.  Kualitas manajemen laboratorium biologi diketahui melalui: evaluasi personel laboratorium, kualitas laboratorium, evaluasi kepuasan mahasiswa sebagai praktikan, dan evaluasi pada dosen biologi, kepala laboratorium, kepala program studi sebagai pemberi pelayanan praktikum.  Pengolahan data dengan  analisis  deskriptif kualitatif.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Biologi FKIP UKI tidak puas terhadap kualitas laboratorium dan kualitas manajemen laboratorium biologi, tetapi mahasiswa puas terhadap kinerja dosen dalam memberikan pelayanan praktikum kepada mahasiswa

Published
2017-07-03
How to Cite
Ratnapuri , A., & Neolaka, A. (2017). ANALISIS KUALITAS LABORATORIUM Studi Kepuasan Praktikum Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi FKIP-UKI Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 117-143. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2954
Section
Articles