ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH YANG EFEKTIF DI SEKOLAH GLOBAL MANDIRI JAKARTA (PRIMARY LEVEL)
Abstract
Untuk mempertahankan eksistensi sekolah dibutuhkan pengelolaan dan strategi pemasaran agar produk jasa yang hasilkan oleh organisasi pendidikan tersebut dapat diketahui dan nantinya dapat menarik konsumen sebanyak mungkin. Sekolah Global Mandiri Jakarta sebagai organisasi pendidikan selama ini telah melakukan strategi pemasaran, namun dalam tiga tahun terakhir jumlah siswa tidak mengalami peningkatan yang cukup berarti (statis).
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui Konsep Strategi Pemasaran yang diterapkan di Sekolah Global Mandiri Jakarta. 2) Untuk menganalisis posisi Faktor Internal dan Faktor Eksternal Sekolah Global Mandiri berdasarkan bauran pemasaran 7P yang menjadi dasar pemasaran Sekolah di Sekolah Global Mandiri Jakarta. 3) Untuk merumuskan Strategi Pemasaran yang efektif di Sekolah Global Mandiri Jakarta berdasarkan analisis matrik IE.
Penelitian ini berjenis kualitatif. Data primer dan sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data observasi langsung dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan alat analisis bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence, Process), analisis SWOT, analisis matrik Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Evaluasi Faktor Eksternbal (EFE) serta analisis dengan matrik Internal Eksternal (IE).
Hasil penelitian ini 1)Sekolah Global Mandiri selama ini telah melakukan strategi pemasaran yang cukup baik namun jumlah pendaftar tergolong statis. 2)Berdasarkan analisis Matrik IFE dan EFE Sekolah Global Mandiri Jakarta berada pada posisi Internal sedang/di atas rata-rata dengan bobot 2.82 dan posisi Eksternal sedang/ di atas rata-rata dengan bobot skor 2.90. 3) Berdasarkan analisis matrik IE Sekolah Global Mandiri berada pada kuadran V (menjaga dan mempertahankan) dengan strategi yang dapat dilakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk.
Saran kepada Sekolah Global Mandiri 1)segera melakukan Akreditasi Sekolah, 2)meningkatkan kualitas SDM (Pengajar), 3)memaksimalkan budaya Sekolah dan 4)meningkatkan pelayanan pendidikan kepada konsumen. Dengan pelayanan maksimal dari SDM yang berkualitas diharapkan akan memberikan kepuasan konsumen sehingga strategi promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) akan efektif untuk meningkatkan jumlah siswa di Sekolah Global Mandiri Jakarta.
- View 457 times Download 457 times PDF