EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK

  • Okniel Zebua UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • E. Handayani Tyas UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: Evaluasi Program, Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi materi yang diberikan selama pelaksanaan masa orientasi peserta didik di SMP Strada Nawar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan instrumen wawancara dan peneliti sebagai intrumen kunci.

      Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan masa orientasi di SMP Strada Nawar dilaksanakan selama 2 (dua ) hari. Pelaksanaan masa orientasi peserta didik di mulai dengan adanya pembentukan panitia, penyusunan jadual, pembagian tugas, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, siswa diharapkan dapat memiliki karakter dengan 5 (lima) nilai dasar yaitu keunggulan, kedisplinan, kejujuran, kepedulian dan pelayanan. Materi yang disampaikan yaitu visi, misi sekolah, kurikulum sekolah, dinamika kelompok, wawasan wiyata mandala, senam sehat, cara belajar efektif, pendidikan baris berbaris (PBB) dan ekstrakurikuler. Materi wajib yang belum disampaikan selama pelaksanaan masa orientasi peserta didik di SMP Strada Nawar Bekasi adalah kepramukaan dan pembinaan mental keagamaan.

      Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program masa orientasi peserta didik baru untuk lebih mengenal lingkungan sekolah, lingkungan sosial di sekolah serta hal-hal yang dapat mendukung peserta didik sendiri untuk belajarnya serta dapat mengambil sikap dan lebih berkarakter sejak awal masuk sekolah.

Published
2017-01-09
How to Cite
Zebua, O., & Tyas, E. H. (2017). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 84=98. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2952
Section
Articles