HUBUNGAN IMPLEMENTASI SISTEM IMBAL JASA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU SD YAYASAN TARAKANITA DI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara implementasi system imbal jasa (X1) dan kepuasan kerja guru (X2) dengan kinerja guru (Y), baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama di SD Tarakanita Wilayah Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan menggunakan metode survei. Adapun populasi penelitiannya adalah seluruh guru SD Tarakanita Wilayah Jakarta yang berasal dari lima sekolah yaitu SD Tarakanita1 Blok B, SD Tarakanita 2 Blok Q, SD Tarakanita 3 Patal Senayan, SD Tarakanita 4 Pluit dan SD Tarakanita 5 Rawamangun yang berjumlah 115 orang. Uji coba instrument diambil secara acak dengan memperhitungkan proporsi jumlah guru untuk setiap sekolah (proportional randomized sampling) sehingga diperoleh sampel uji coba sebanyak 30 orang dan sampel penelitian sebanyak 77 orang.
Instrumen yang digunakan adalah angket kinerja guru sebagai variable terikat, sedangkan instrument implementasi system imbal jasa dan instrument kepuasan kerja guru sebagai variable bebas. Ketiga instrument tersebut divalidasi dengan menggunakan analisis butir soal dengan rumus korelasi product moment, sedangkan reliabilitas tes diukur dengan test Alpha Cronbach.Analisa data mempergunakan teknik korelasi sederhana, korelasi parsial, dan korelasi berganda, serta teknik regresi yang terdiri atas regresi linear dan ganda.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi sistem imbal jasa (X1) dengan kinerja guru (Y) SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,919 dan koefisien determinasi sebesar 0,844. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru (X2) dengan kinerja guru (Y) SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,940 dan koefisien determinasi sebesar 0,884. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi sistem imbal jasa (X1) dan kepuasan kerja guru (X2) dengan kinerja guru (Y) SD Tarakanita Wilayah Jakarta dengan koefisien korelasi berganda sebesar 0,945 dan koefisien determinasi sebesar 0,892. (4) Variabel kepuasan kerja (X2), baik secara sendiri maupun secara bersama-sama memberikan sumbangan yang lebih besar terhadap kinerja guru.
- View 164 times Download 164 times PDF