HUBUNGAN KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN EKA WIJAYA BOGOR

  • ARIS UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
  • Hotmaulina Sihotang UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
Keywords: kompensasi, budaya organisasi, komitmen organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompensasi dan budaya organisasi dengan komitmen organisasi guru.

      Penelitian dilakukan di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya Bogor. Populasi penelitian adalah semua guru yang mengajar di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya yang berjumlah 64 guru di tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Data diperoleh melalui instrumen penelitian. Ujicoba dilakukan kepada 20 guru dan sampel penelitian sejumlah 42 guru yang dipilih dengan teknik quota sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi dengan menggunakan SPSS versi 22.

      Hasil penelitian adalah: 1) ada hubungan positif dan signifikan antara kompensasi dengan komitmen organisasi guru di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya; 2) ada hubungan positif dan signifikan antara budaya organisasi dengan komitmen organisasi guru di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya; dan, 3) ada hubungan positif namun tidak signifikan antara kompensasi dengan komitmen organisasi guru setelah dikontrol oleh budaya organisasi di Yayasan Pendidikan Eka Wijaya.

Published
2017-01-09
How to Cite
ARIS, & Sihotang, H. (2017). HUBUNGAN KOMPENSASI DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN EKA WIJAYA BOGOR. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 47-61. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2950
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>