HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN KINERJA GURU-GURU MIPA DI SMAK PENABUR JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi kepribadian dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta; Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta; Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi kepribadian dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta.
Tempat atau lokasi penelitian adalah 13 Sekolah di bawah lingkungan SMAK Penabur. Alokasi waktu penelitian selama 1 (satu) bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Studi korelasi ini menggunakan analisis korelasi dan regresi. Untuk melakukan pengolahan data statistik menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 20 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta. Dalam penelitian ini digunakan teknik sampling kuota dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri dari 45 orang.
Penelitian ini membuktikan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara variabel motivasi kerja (X1) dengan kinerja guru (Y) pada guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta, dengan koefisien korelasi ry1 = 0.707 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0.499. Persamaan garis regresi linear menunjukkan Y = 36,235 + 1,633X1; (2) Ada hubungan yang signifikan antara variabel kompetensi kepribadian (X2) dengan kinerja guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta, dengan koefisien korelasi ry2 = 0.671 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,450 Persamaan garis regresi linear menunjukkan Y = 37,832 + 1,283X2; (3) Ada hubungan yang signifikan antara variabel motivasi kerja (X1) dan kompetensi kepribadian (X2) dengan kinerja guru (Y) pada guru-guru MIPA SMAK PENABUR Jakarta dengan koefisien korelasi berganda ry12 = 0,769 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,591. Persamaan garis regresi linear menunjukkan Y = 20,776 + 1,095X1 + 0.731X2.
- View 96 times Download 96 times PDF