IMPLEMENTASI VISI MISI YAYASAN SANTO MARKUS UNIT I JAKARTA

  • Lukas Sungkowo Joko Utomo Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia
  • Hotmaulina Sihotang

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana efektivitas implementasi visi misi Yayasan Santo Markus yang telah dirumuskan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini terdiri dari sebelas responden yang terdiri dari Ketua, kepala bagian pendidikan, bagian kesiswaan Santo Markus. Dua orang yang terlibat dalam menyusun visi misi, para kepala sekolah TK, SD dan SMP Santo Markus unit I, dan dua orang guru. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam berdasarkan tujuan penelitian serta observasi lapangan. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode analisis sistematis.
Temuan hasil penelitian ini antara lain: 1) Implementasi visi misi yayasan Santo Markus, khususnya di unit I belum efektif. 2) Para pemimpin yayasan belum berperan optimal dalam mendukung efektivitas implementasi visi misi di yayasan Santo Markus, unit I. 3) Guru dan karyawan belum berperan secara optimal dalam mengimplementasikan visi misi yang telah dirumuskan. 4) Visi misi yang telah dirumuskan belum menjadi landasan dalam membangun budaya sekolah.
Agar implementasi visi misi lebih efektif, dibutuhkan upaya peningkatan pemahaman visi misi terutama oleh para pemimpin dengan cara menggunakan visi misi yang telah dirumuskan sebagai landasan dalam menyusun rencana strategis dan mensosialisasikan kepada anggota secara komprehensif. Peran guru dalam membentuk pribadi peserta didik yang unggul juga perlu ditingkatkan dengan berbagai cara. Selain itu perlu ditetapkan budaya yang khas bagi sekolah Santo Markus yang berbeda dengan sekolah sekolah lainnya, sehingga cita-cita besar yang dirumuskan dalam visi misi dapat diwujudkan.

Published
2015-07-01
How to Cite
Utomo, L. S. J., & Sihotang, H. (2015). IMPLEMENTASI VISI MISI YAYASAN SANTO MARKUS UNIT I JAKARTA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 101-116. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/181
Section
Articles