PENGELOLAAN PEDAGOGI IGNASIAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP KANISIUS JAKARTA PUSAT

  • Said Hutagaol Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Penelitian ini fokus kepada pengelolaan Pedagogi Ignasian yang menekankan aspek konteks, pengalaman, reflekksi, aksi dan evaluasi di SMP Kanisius Jakarta Pusat. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan cara pengelolaan Pedagogi Ignasian dalam pembentukan karakter
siswa di SMP Kanisius Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kanisius Jakarta Pusat dari bulan Agustus 2012 sanpai dengan April 2013. Obyek penelitian ini adalah pengelolaan Pedagogi Ignasian yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif murni non hipotesis.
Hasil studi menyimpulkan bahwa pengelolaan Pedagogi Ignasian yang menekankan konteks – pengalaman – refleksi – aksi – evaluasi, tidak hanya terjadi dalam proses pembelajaran di dalam kelas, tetapi dalam seluruh proses pembelajaran yang terjadi di SMP Kanisius termasuk proses pembelajaran yang terjadi di luar kelas dalam kegiatan Olah Raga, Olah Kepemimpinan dan Olah Rasa. Dan dari semua ini diharapkan para siswa sungguh dapat tumbuh dan berkembang dengan kepribadian yang utuh, dalam arti segi akademis (intelektual) berkembang dengan baik dan optimal demikian juga dengan aspek kepribadian mereka.
Kata kunci : konteks, pengalaman, refleksi, aksi dan evaluasi

Published
2015-01-01
How to Cite
Hutagaol, S. (2015). PENGELOLAAN PEDAGOGI IGNASIAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP KANISIUS JAKARTA PUSAT. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 88-100. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/180
Section
Articles