PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEMSOLVING) MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LATIHAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA TERHADAP MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SERAM BARAT

  • Oktovianus Mandaku Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika secara sistematis yang berkaitan dengan materi peluang pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Seram Barat, dan sebagai bahan informasi tentang peningkatan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa terhadap materi peluamg dengan menggunakan latihan pemecahan masalah model POLYA.
Temuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika saat ini memiliki kelemahan dasar antara lain adalah lebih terpusat pada guru. Sedangkan siswa ditempatkan sebagai objek belajar yang mengakibatkan siswa hanya menunggu proses transfer pengetahuan dari guru. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi individu yang kurang bahkan tidak kreatif dan seolah-olah “ harap gampang “. Salah satu kemampuan dasar yang diharapkan dari pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah Dari hasil tes yang diperoleh setiap siklus selalu mengalami peningkatan diantaranya pada siklus I presentase dari hasil tes adalah 43 % , pada siklus II hasil tes siswa menunjukkan
peningkatan sebesar 38,6 % yakni dari 43 % menjadi 81,6 %.
Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Model Polya, Peluang

Published
2015-01-01
How to Cite
Mandaku, O. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEMSOLVING) MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LATIHAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA TERHADAP MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SERAM BARAT. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 72-87. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/179
Section
Articles