HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DAN IKLIM KERJA DENGAN KREATIVITAS GURU PASRAMAN SE-DKI JAKARTA

  • I Gusti Ayu Agung Esa Dwi Septiani Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia
  • Said Hutagaol Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi kerja dengan kreativitas guru; iklim kerja dengan kreativitas guru; motivasi kerja dan iklim kerja secara bersama-sama dengan kreativitas guru Pasraman Se-DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey korelasional (correlational research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pasraman Se-DKI Jakarta yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian adalah sebanyak 69 orang. Insrument penelitian adalah angket yang dikembangkan untuk tiap variable penelitian dengan skala Likert.
Hasil penelitian adalah 1) terdapat hubungan yang kuat, positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kreativitas guru (r sebesar 0,833; 2) terdapat hubungan yang kuat, positif dan signifikan (r sebesaesebesar 0,827) antara iklim kerja dengan kreativitas guru; dan 3) terdapat hubungan yang kuat, positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi kerja dan iklim kerja dengan kreativitas guru (r sebesar 0,852).
Kesimpulannya adalah jika kualitas motivasi kerja dan iklim kerja meningkat maka kualitas kreativitas guru Pasraman Se-DKI Jakarta juga akan meningkat. Dengan demikian motivasi kerja dan iklim kerja harus terus ditingkatkan guna meningkatkan kualitas kreativitas guru Pasraman se-DKI Jakarta.
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Iklim Kerja, Kreativitas Guru, Pasraman

Published
2015-01-01
How to Cite
Dwi Septiani, I. G. A. A. E., & Hutagaol, S. (2015). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DAN IKLIM KERJA DENGAN KREATIVITAS GURU PASRAMAN SE-DKI JAKARTA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 23-38. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/176
Section
Articles